-->
KOMPUTER67
Lebih dari sekedar belajar !

Pengertian Topologi Hybrid Serta Kelebihan Dan Kekurangannya



Hayyy semuanya. Kali ini kita akan membahas tentang sebuag topologi jaringan. tapi perbedaanya topologi yang kita akan bahas kali ini bukan semua tologi yang ada melaikan hanya topolgi Hybrid beserta fungsi dan kekurangan dan kelebihanya. Sedangkan yang kita tahu sama-sama sebuah Topologi jaringan itu adalah hal yang menjelaskan hubungan geometris antara unsur-unsur dasar penyusun jaringan yaitu node, link, dan station. 
Nah Sedangkan Topolgoi Hybrid itu sendiri merupakan penggabungan dari beberapa (dua atau lebih) topologi jaringan yang berbeda. Misalnya ketika suatu jaringan yang menggunakan topologi Ring, digabungkan dengan jaringan lain yang menggunakan topologi star; maka topologi baru yang terbentuk dari gabungan kedua topologi jaringan ini disebut sebagai topologi Hybrid. Jika jaringan yang digabungkan memiliki jenis topologi yang sama, maka penggabungan kedua jaringan tersebut bukanlah topologi hybrid.
Contoh :
Misalnya jaringan dengan topologi star digabungkan dengan jaringan lain yang juga menggunakan topologi star, maka penggabungan kedua jaringan tersebut tetap merupakan topologi star, bukan topologi hybrid

Topologi Hybrid mengkombinasi dua atau lebih dengan topologi jaringan yang berbeda dengan sedemikian rupa, sehingga topologi jaringan yang dihasilkan tidak mengacu pada standar topologi yang ada.

Kelebihan dari topologi hybrid

  1. Kecepatan transfer data pada topologi jaringan hybrid tergolong stabil, hal ini dikarenakan topologi hybrid menggabungkan kelebihan dari topologi jaringan lainnya dan meminimalisir kekurangannya.
  2. Apabila terjadi gangguan pada salah satu node, tidak akan menggangu kinerja keseluruhan jaringan pada topologi jaringan hybrid.
  3. Dapat berkerja dengan lebih baik walaupun lalu lintas data pada jaringan berbeda.
  4. Untuk mengembangkan topologi hybrid ini, dapat dilakukan dengan mudah tanpa merubah apapun dari topologi yang sudah ada.
  5. Dapat digunakan untuk menggabungkan model topologi jaringan apapun.
  6. Lebih fleksibel dibandingan model topologi yang lain, sehingga dapat disesuaikan untuk keperluan pada lingkungan jaringan yang berbeda.

Kekurangan dari topologi hybrid

  1. Pengolahan jaringan pada topologi hybrid tergolong rumit, hal ini karena topologi jaringan hybrid merupakan gabungan dari beberapa model topologi yang berbeda.
  2. Untuk mengkonfigurasi dan instalasi topologi jaringan ini tergolong lebih sulit, dibutuhkan kesabaran dan ketelitian dalam konfigurasi dan instalasi jaringan komputer.
  3. Biaya yang dibutuhkan untuk membangunnya tergolong mahal, hal ini disebabkan oleh kebutuhan kabel yang cukup banyak.

Itulah penjelasan mengenai pengertian topologi jaringan hybrid lengkap dengan kelebihan dan kekurangan topologi hybrid. Semoga bermanfaat. 

INGIN LIVE CHAT ? INGIN TANYA JAWAB GRATIS ? YUK LANGSUNG SAJA CHAT DENGAN KAMI DI FANSPAGE KOMPUTER67

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Post a Comment