-->
KOMPUTER67
Lebih dari sekedar belajar !

Ingin Karir mu SUKSES BESAR, Belajar CODING MULAI SEKARANG !




Belajar coding mulai dari sekarang adalah kesempatan emas yang dapat kamu ambil. Karena akhir-akhir ini startup-startup dari Indonesia sudah mulai bermunculan kembali. Apabila kita mulai belajar coding sejak sekarang, maka kita dijamin akan lebih mudah dalam mendapatkan pekerjaan entah menjadi programmer, developer, coder, engineer, ceo, atau yang lainnya.


Programmer di Indonesia masih belum memadai...

Dikutip dari techinasia, baik startup kecil dan startup besar besar mereka mengatakan bahwa ternyata mereka kesulitan untuk mencari developer Indonesia yang benar-benar berkualitas. Tentu ini adalah kesempatan emas bagi kita semua yang masih belum belajar coding. Saat kita mulai belajar coding dengan sungguh-sungguh, maka kita akan dapat berasaing dengan programmer-programmer di Indonesia atau bahkan kita dapat menciptakan startup sendiri.

Fakta menunjukan bahwa perkuliahan TI adalah jurusan yang paling populer di Indonesia, namun nyatanya lulusan TI masih belum juga memenuhi kebutuhan industri saat ini. Ditambah, saat ini perkembangan teknologi semakin cepat, apabila kita hanya mengandalkan kuliah saja, maka dijamin tidak akan berkembang sama sekali. Gak percaya ? Lihat video ini !

Bisa Anda lihat bagaimana kualitas programmer Indonesia saat ini kan ?

Saat ini Indonesia adalah negara dengan startup paling besar serta dapat dibilang paling menjanjikan se Asia Tenggara. Sehingga belajar coding adalah hal yang sungguh-sungguh paling tepat untuk kita dalam membangun masa depan kita.

Banyak Orang SALAH Saat Belajar Coding, Lalu Bagaimana Seharusnya ?

Belajar coding adalah belajar untuk membuat kode dan menghasilkan program. Untuk belajar coding sendiri sebenarnya ada bermacam-macam, seperti belajar coding android, belajar coding web, belajar coding software, dll. Semua itu sama-sama memiliki potensi tersendiri sehingga bagi kamu yang masih belum pernah ngoding sama sekali, sebenarnya tak perlu bingung mau belajar dari mana.


1. Belajarlah Dari Yang Kita Suka

Apabila kita tidak suka pemrograman web, ya jangan dipaksakan untuk belajar pemrograman web. Apabila kita sukanya mobile, maka ya belajarlah pemrograman mobile untuk menciptakan suatu aplikasi yang dapat dinikmati publik. Mungkin ada pertanyaan, pemrograman mana yang paling mudah ? Ya jawabannya, semuanya itu mudah.

Coba aja kalau gak percaya, Anda belajar sendiri semua bahasa pemrograman, yang ada ya cuman if, else, for, while, dll. Perintah-perintahnya pun juga gak perlu dihapalkan, nanti hapal sendiri. Yang tersulit adalah mengembangkan kekreatifan Anda dan melatih logika Anda berpikir. Namun satu hal yang terpenting adalah pelajarilah apa yang Anda suka sehingga itu tidak menjadikan beban dalam Anda belajar.

2. Tempat Anda Belajar Coding

Anda dapat belajar coding dari komputer67 ini, dimana kami sudah menyediakan berbagai ebook untuk pemrograman android, web, software. Sehingga Anda dapat mendownloadnya sendiri di bawah ini  :

- Ebook pemrograman android : http://komputer67.blogspot.com/2017/12/download-ebook-pemrograman-android.html
- Ebook pemrograman web : http://komputer67.blogspot.com/2016/04/download-ebook-pemrograman-web-lengkap.html
- Ebook pemrograman software : http://komputer67.blogspot.com/2017/12/download-ebook-pemrograman-visual-basic.html

Atau dapat belajar secara online :
- Codecademy : https://www.codecademy.com/
- Udemy : https://www.udemy.com/
- Code Avengers : https://www.codeavengers.com/
- W3school : https://www.w3schools.com/
- Tutorials Point : https://www.tutorialspoint.com/

Forum :
Forum terbaik untuk Anda yang ingin bertanya atau mengalami bug/error saat membuat program, berinteraksi dengan programmer lain, dll adalah STACKOVERFLOW -->  https://stackoverflow.com/
Mengapa terbaik ? Karena menurut pengalaman saya, di stackoverflow saat saya menanyakan suatu error/bug, dengan segera langsung ditanggapi oleh orang lain. Terlebih lagi cepat memberi saya solusi.


Harus sabarrr... !
Untuk belajar bahasa pemrograman, tentu dibutuhkan kesabaran dan ketelitian. Karena tidak mungkin Anda hanya belajar bahasa pemrograman hanya dalam 1 malam. Dari pengalaman saya, saya belajar bahasa pemrograman selama sekitar 1 bulan. Dan setelah 1 bulan itu, saya tinggal mengembangkan aplikasi-aplikasi yang saya ingin buat. Jadi setelah kamu belajar dari ebook-ebook diatas, diharapkan sudah dapat mengembangkan suatu aplikasi yang dapat dinikmati publik baik mobile/web/software/mesin.

3. Mengerjakan Tugas Kuliah Untuk Belajar Coding ? SALAH !

Apabila kamu termasuk mahasiswa TI, maka kamu akan salah apabila berpikir "mengerjakan tugas kuliah untuk belajar coding". Memang sih, kalo kita mengerjakan tugas kuliah itu kita sedikit belajar coding, tapi salah apabila kita menjadikan tugas kuliah itu menjadi hal yang paling utama dalam belajar coding.


Hal Terpenting !

Belajar coding sesungguhnya adalah dengan cara kita membuat program kita sendiri dengan kekreatifan kita sendiri, sehingga program tersebut dapat bermanfaat bagi banyak orang. Itulah yang disebut belajar coding !  Contoh dengan kekreatifan yang luar biasa si pembuat facebook berhasil bikin media sosial facebook, dan ternyata facebook itu sungguh2 bermanfaat bagi masyarakat di dunia ini.

Ada juga seorang anak kecil (saya lupa namanya ) yang berhasil membuat game bubble ball pada Android. Sadarkah kamu, bahwa tidak mungkin anak kecil tersebut sudah kuliah ?!. Sehingga yang terpenting adalah belajar mengembangkan sesuatu bukan mengerjakan sesuatu seperti mengerjakan tugas.

Saatnya Membangun Startup !

Loh, kok belum2 sudah membangun startup ? Emang siapa kita ? Kan program yang kita buat masih banyak bug ? Ditambah lagi sudah banyak orang yang membuat program yang sama ?

Nah pikiran-pikiran itulah yang merupakan KESALAHAN BESAR. Karena pikiran tersebut membuat kita menjadi takut dalam membangun startup. Sehingga banyak dari lulusan TI Indonesia beberapa tahun yang lalu hanya menjadi programmer2 saja atau cuman ngikut2 orang atau bahkan lulusan TI tapi tidak kerja di TI hahaha.Walaupun sudah jadi programmer, faktanya programmer tersebut masih banyak diomelin sama perusahaan2 karena skillnya masih belum maksimal. Nah, coba kita cermati satu per satu. Kita sebenarnya tidak perlu ragu dalam membangun startup, asalkan kita sudah mempersiapkan mulai dari ide, modal, marketing, programmer, dan lain-lain. Sehingga perusahaan kita akan tetap berkembang. Namun yang terpenting disini adalah ide kita.

Selain itu kita juga tidak perlu memikirkan umur kita, karena telah dijelaskan tadi, anak kecil saja sudah bisa bikin game Android bahkan menghasilkan uang puluhan juta rupiah. Apabila program kita masih banyak bug, ya tinggal dibenerin aja, karena semua bug pasti bisa dibenerin, kalo gak bisa, artinya bukan programnya yang salah, tapi kamu yang salah hehe.

Dikira cuman ikut-ikutan bikin program

Tentu saat kita membuat program, kita akan berpikir "pasti ada orang yang sudah membuat program yang sama". Hal tersebut adalah awal dari kegagalan. Apabila program kita memang sudah ada di pasaran, maka yang wajib kita lakukan adalah mengembangkannya lagi hingga berbeda dari yang lain !

INGIN LIVE CHAT ? INGIN TANYA JAWAB GRATIS ? YUK LANGSUNG SAJA CHAT DENGAN KAMI DI FANSPAGE KOMPUTER67

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Post a Comment