-->
KOMPUTER67
Lebih dari sekedar belajar !

Akhirnya Terjawab Rahasia Kemampuan Kamera Google Pixel



Sejak rilis tahun lalu, Google Pixel berhasil menyedot perhatian pblik. selain didukung sepenuhnya oleh Google dan dibekali spesifikasi yang mumpuni, kemampuan kamera smartphone itu juga disebut-sebut salah satu yang terbaik saat ini.

Kamera Smartphone Terbaik

Lembaga penguji kualitas sensor kamera digital, DXOMark, bahkan menyebut kamera Pixel merupakan kamera smartphone terbaik yang pernah dibuat. Lantas sebenarnya apa yang membuat kamera pixel begitu  mumpuni?
Untuk menjawab hal tersebut, baru-baru ini Google melalui divisi x telah mengungkap rahasia di balik kemampuan kamera Pixel. selain dukungan sensor, software pengolahan gambar ternyata juga memegang peranan besar

Rahasia Dibalik Google Pixel

Dikutip dari Phone Arena, pada senin 27 maret 2017, Software pengolahan gambar pada pixel ternyata adalah warisan Google Class, Pada tahun 2011, beberapa insinyur di Google X membentuk Sebuah tim yang dinamakan Gcam.
Tim iti mempunyai rencana menyematkan kamera pada Google Class dengan kemampuan yang tidak berbeda dari smartphone. Namun rencana itu mempunyai kendala yaitu ukuran sensor yang tak sesuai dengan kebutuhan Glass.
Seperti yang di ketahui, Glass hadir dengan mengunggulkan mobilitas, sehingga di butuhkan kamera yang berukuran kecil dan ringan. Sementara, sensor kamera yang terlalu kecil membuat kinerja kamera menjadi sangat terbatas.
Oleh karena itu, software pun di pilih sebagai penyelesaian untuk masalah tersebut. Solusi software yang ditemukan Gcam lalu di beri nama HDR+. Cara kerja software ini sebenarnya mirip dengan HDR yang bisa mengambil beberapa gambar sekaligus, lalu menyatukan nya.
 Awalnya, teknologi dari Gcam ini digunakan sebagai fitur yang terdapat pada aplikasi kamera Nexus 5 dan Nexus 6. Teknologi itu lalu menjadi modus default yang terdapat pada kamera utama pixel, sehingga mampu menghasilkan detail gambar lebih baik dan lebih jernih.
Tak berhenti sampai di situ, tim X masih terus mengembangkan teknologi Cam ke tahap selanjutnya. Marc Levoy ketua tim di Google Research mengatakan perkembangan yang mungkin dilakukan adalah memanfaatkan Machine Learning.

Menurut Marc, pemanfaatan machine learning membuka lebih banyak peluang untuk meningkatkan kemampuan kamera. Beberapa di antara nya adalah kemampuan untuk menghasilkan white balance lebih baik atau menentukan latar belakang dari sebuah gambar. 

INGIN LIVE CHAT ? INGIN TANYA JAWAB GRATIS ? YUK LANGSUNG SAJA CHAT DENGAN KAMI DI FANSPAGE KOMPUTER67

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Post a Comment