-->
KOMPUTER67
Lebih dari sekedar belajar !

Begini Fakta Virus Wanna Cry !


Bagi orang awam, pasti berita ini dianggap sebagai berita yang cukup mengerikan. Namun bagi Anda yang menyukai TI, pasti akan memiliki keinginan untuk mempelajari virus ini.

Termasuk saya sebagai admin blog komputer67 ini cukup penasaran pada berita yang hangat saat ini. Bagaimana bisa sebuah virus bisa langsung menyebar ke negara kita ini ? Mungkin pertanyaan itu yang sering diajukan oleh kita-kita. Apa dan bagaimana cara kerjanya ?
Yuk kita akan bahas di bawah ini.

Populernya Wanna Cry

Ternyata yang membuat ransomware "WannaCry" ini menjadi sangat populer dan booming di dunia maya adalah virus ini menggunakan "zero day exploit". Zero day exploit adalah sekedar istilah bahwa sebenarnya microsoft yang sudah terupdate paling baru pun juga tetap bisa terkena virus ini. Jadi dengan kata lain, microsoft sendiri juga belum tau kalau ada celah keamanan ini.

Logikanya, saat microsoft tidak mengetahui celah ini hingga virus tersebut di publikasi, maka akan menimbulkan jeda waktu dimana microsoft sedang memperbaiki celah tersebut sedangkan virus tersebut tetap menyebar hingga celah tersebut diperbaiki. Itulah yang membuat berbahaya.

Cara Kerja Virus Ini


Perlu Anda ketahui bahwa sebuah ransomware itu menyebar melalui link. Link tersebut mewajibkan kita untuk mendownload sebuah software. Nah software itulah virusnya !

Jadi kita sering dengar dari orang maupun keminfo bahwa kita harus mematikan koneksi internet dulu. Sebenarnya tak perlu segitunya juga ASAL kita bisa bedain mana link yang bervirus atau tidak. Kalau kita cuman buka facebook dan cuma buat buat status ya aman-aman aja.

Namun memang kita tetap dihimbau agar mematikan internet karena masih banyak diantara kita yang belum bisa membedakan link yang bervirus atau tidak. Belum lagi jika komputer yang satu jaringan dengan kita ternyata juga terkena virus, maka hal ini sangat bisa menyebabkan komputer kita juga ikut terkena virus ini.

Kesimpulan

Jadi kesimpulannya, Lakukan saja apa yang penting untuk melindungi komputer Anda, seperti dibawah ini :

1. Cabut koneksi internet darimanapun
2. Cabut juga koneksi LAN atau semacamnya
3. Backup semua file
4. Buka link ini di komputer lain atau lewat HP, https://technet.microsoft.com/en-us/library/security/ms17-010.aspx
5. Update Antivirus
6. Block Port 139, 445, 3389

Mungkin saat ini wannacry sudah tersebar ke 99 negara juga di Indonesia.

Faktanya...



Namun, disini admin menemukan salah satu berita dari jawapos.com yang mengatakan bahwa rumah sakit yang dikabarkan terkena ransomware "wanna cry" ternyata mereka mengatakan bahwa mereka tidak terkena ransomware tersebut. Mereka hanya mengikuti himbauan dari pemerintah.

Bisa Anda baca sendiri disini :
http://www.jawapos.com/read/2017/05/14/129889/rs-harapan-kita-kami-tak-diserang-virus-wanna-cry

Lalu saya memberanikan diri untuk langsung konek internet. Ternyata juga tidak terjadi apa-apa.. :v

Tetaplah Berjaga-jaga


Tapi bagaimanapun juga, apapun virus, malware, ransomware, tetap saja belajarlah untuk membedakan virus di internet. Mana link yang merupakan link asli mana yang bukan. Karena itulah penyebab terbesar terserangnya sebuah komputer oleh virus.

Semoga bermanfaat.. Maaf apabila ada yang salah kata.. :D

INGIN LIVE CHAT ? INGIN TANYA JAWAB GRATIS ? YUK LANGSUNG SAJA CHAT DENGAN KAMI DI FANSPAGE KOMPUTER67

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Post a Comment