-->
KOMPUTER67
Lebih dari sekedar belajar !

Tanpa Kita Sadar, Teknologi Sudah Mengurangi Kecerdasan Kita !



Apakah kita menyadari bahwa saat ini teknologi semakin lama semakin canggih ! Bahkan saat ini perkembangan jaman sangatlah cepat dari hari ke hari. Dengan perkembangan teknologi yang sangat cepat, kita justru tidak akan pintar lagi seperti dulu.

Mengapa ? Karena teknologi dibuat untuk manusia agar memudahkan pekerjaannya. Contoh yang cukup sederhana adalah kalkulator. Apabila tidak ada kalkulator maka kita akan terus berhitung menggunakan pikiran kita sendiri. Namun dengan adanya kalkulator kita menghitung 94-39 saja sudah malas kan ? Langsung cepat-cepat kita ambil kalkulator kita untuk menghitung angka-angka tersebut.

Walaupun memang ada baiknya, kita benar-benar terbantu dalam pekerjaan kita, sehingga semua pekerjaan kita bisa 3x atau bahkan 4x lebih cepat. Namun artinya, semakin Anda mempercepat pekerjaan Anda dengan teknologi, justru itu akan mengurangi kepintaran Anda.

Apa saja sih kepintaran-kepintaran kita yang hilang akibat perkembangan teknologi ?

Kecerdasan Yang Menurun Akibat Teknologi


1. Matematika


Seperti yang sudah saya katakan diatas, bahwa semakin lama kalkulator semakin canggih. Begitu pula dengan kita, akan semakin malas dalam menghitung matematika. Sejak adanya kalkulator ini,  memang kita semakin jarang menghitung. Maka dari itu mengapa banyak orang tidak menyukai pelajaran matematika di sekolah. Mungkin kalkulatorlah salah satu faktornya.

2. Sosial


Tentu ini benar-benar sudah terjadi. Coba Anda lihat di jalan, di tempat-tempat umum, sebagian besar orang memegang HPnya sendiri. Bahkan jika kita bersama keluarga pun kita juga tetap memegang HP. Walaupun terkadang tidak, namun tetap saja sosialisasi kita dengan lingkungan sekitar telah berkurang karena adanya teknologi yang memanjakan kita kapanpun dan dimanapun.

3. Menulis


Yup, yang satu ini juga saya rasakan. Tentu sekarang semakin canggih saja. Sudah ada keyboard, ngapain nulis tangan ? Bahkan sekarang semakin parah lagi. Banyak teknologi yang sudah bisa menangkap suara kita dan memahami apa yang kita inginkan. Maka dari itu semakin lama, minat mengetik justru akan semakin berkurang. Ini sebenarnyah bukan hal yang mengerikan, namun semua kemajuan teknologi pasti ada dampak positif dan dampak negatif.

4. Berkurangnya Minat Untuk Menghafal


Taukah Anda hardisk saat ini sudah sangat-sangat tinggi penyimpanannya. Contoh saja, hardisk TB. Taukah Anda berapa itu 1 TB ? 1 TB sama dengan 1.000 GB = 1.000.000 MB = 1.000.000.000 KB = 1.000.000.000.000 byte. Taukah Anda bahwa 1 byte itu = 1 karakter. Sekarang bayangkan Anda mengingat nomor telp yang hanya 12 karakter saja sudah sangat sulit kan ? Karena apa ? Karena sekarang sudah ada teknologi yang siap mengingatkan Anda hingga 1 triliyun karakter !

Maka dari itu kita pasti akan terus malas untuk mengingat-ngingat sesuatu. Karena semua ingatan kita biasanya kita sudah tulis di smartphone atau komputer.

5. Berjalan


Dulu sebelum ada teknologi semaju sekarang, masih banyak sekali orang yang suka berjalan kaki. Namun sekarang, sangat jarang sekali ditemukan orang yang berjalan kaki. Memang ada, namun tidak sebanyak dulu. Mungkin saat ini orang yang berjalan kaki tersebut, adalah orang-orang yang belum memiliki kendaraan sehingga terpaksa mereka berjalan kaki.

Namun sekarang teknologi semakin lama semakin canggih, tak hanya motor, mobil, kereta, pesawat, bus umum, dll, Namun semakin lama kita makin malas untuk menggunakan kendaraan-kendaraan semacam itu. Mengapa ? Karena sekarang sudah banyak sekali layanan yang bisa kita andalkan untuk menjadi transportasi kita tanpa kita ikut. Seperti salah satunya adalah gojek, gofood, dan layanan-layanan lainnya. Itu semua akan membuat kita malas.


Memang dengan kemajuan teknologi sekarang, kita semakin malas untuk melakukan hal-hal yang sebenarnya juga penting. Namun kemajuan teknologi selalu memiliki dampak positif dan negatif, disamping kita menjadi malas namun dengan teknologi tersebut kita bisa melakukan pekerjaan 10x lebih cepat.

Sehingga, gunakanlah teknologi secukupnya dan gunakan sebaik-baiknya !

INGIN LIVE CHAT ? INGIN TANYA JAWAB GRATIS ? YUK LANGSUNG SAJA CHAT DENGAN KAMI DI FANSPAGE KOMPUTER67

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Post a Comment