-->
KOMPUTER67
Lebih dari sekedar belajar !

1. Pengertian PHP dan Peran PHP dalam Web


Pengertian PHP dan Peran PHP dalam Web
Pengertian PHP dan Peran PHP dalam Web

Pengertian PHP 

PHP adalah singkatan dari "PHP: Hypertext Prepocessor", yaitu bahasa pemrograman yang digunakan secara luas untuk penanganan pembuatan dan pengembangan sebuah situs web dan bisa digunakan bersamaan dengan HTML. PHP pertama kali dibuat oleh Rasmus Lerdorf tahun 1995 dan terus berkembang pesat hingga saat ini. (diambil dari wikibooks - Pengertian PHP dan wikipedia - PHP).

PHP berbeda dengan HTML, javascript, dan CSS, karena kode PHP hanya dapat berjalan di server saja. Sedangkan HTML, javascript, dan CSS dapat berjalan cukup hanya melalui browser saja (tanpa server). Maka dari itu PHP sering disebut server side programming. Artinya pemrograman di sisi server.

Dengan PHP, kita bisa membuat berbagai macam website yang sangat powerfull. Contohnya, kita bisa membuat sistem pemesanan tiket, sistem pemesanan barang, sistem antrian, bahkan sistem-sistem yang sangat besar lainnya.

contoh penggunaan php
contoh penggunaan php


Nah, pada akhir-akhir ini PHP memang sangat populer di kalangan programmer di seluruh dunia. Pada tahun 2014 saja, 84% web server di dunia sudah menggunakan PHP (diambil dari wikipedia - PHP). Bahkan tahun-tahun ini berbagai macam framework PHP sudah banyak bermunculan seperti laravel, codeigniter, dll. Tak cuman itu, karena terlalu banyaknya programmer yang menggunakan PHP, sampai-sampai ada framework diatas framework PHP (contoh : CRUDBOOSTER adalah framework diatas framework LARAVEL, dan framework LARAVEL dibangun menggunakan PHP). Ya, seperti yang saya katakan, PHP ini sangat powerfull !

Peran PHP dalam Web

Pada saat kita membuat website dengan bahasa pemrograman PHP, maka website kita tentu akan tampil dinamis. Tampil dinamis maksudnya adalah, PHP mampu membuat tampilan website berubah-rubah sesuai sistem yang dibuat. Contoh yang paling simpel adalah, website pemesanan makanan online.

contoh halaman pemesanan makanan
contoh halaman pemesanan makanan


Tentu dengan website tersebut, kita bisa memesan makanan secara online yang artinya kita bisa menambah suatu 'data pesanan' kedalam website tersebut. Nah itulah peran PHP yaitu mengolah data tersebut dan memasukannya kedalam database. Sehingga pada saat ada pesanan baru, maka halaman yang digunakan untuk menampilkan pesanan, akan berubah secara dinamis. Hebat kan ?

Saat kita menggunakan PHP, kita juga mampu melakukan CRUD pada database. Apa itu ? CRUD adalah Create, Read, Update, Delete Data pada database. Jadi, dengan PHP kita bisa membuat halaman yang digunakan untuk menambah (create) data pada database, membaca (read) data pada database, memperbarui (update) data pada database, dan menghapus (delete) data pada database. Lihat gambar ini untuk lebih jelas.

PHP dalam website
PHP dalam website


Tak hanya itu, PHP memiliki banyak fungsi-fungsi yang siap pakai dan mudah digunakan. Contoh paling mudah adalah, fungsi untuk ngecrop gambar, untuk resize gambar, watermark gambar, dll (banyak banget deh). Dimana fungsi-fungsi tersebut bisa kita kreasikan sendiri menjadi aplikasi yang luar biasa.

PHP dalam website
PHP dalam website


Jadi, PHP adalah bahasa pemrograman yang wajib kamu pelajari apabila ingin membuat website yang profesional !

Oke, kalau kalian sudah mengerti tentang pengertian PHP dan peran PHP dalam website, sekarang saatnya untuk memulai belajar lebih dalam tentang pemrograman PHP.

Yuk langsung saja masuk ke tutorial selanjutnya !


INGIN LIVE CHAT ? INGIN TANYA JAWAB GRATIS ? YUK LANGSUNG SAJA CHAT DENGAN KAMI DI FANSPAGE KOMPUTER67

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Post a Comment