-->
KOMPUTER67
Lebih dari sekedar belajar !

9 Cara Merawat Smartphone Agar Menjadi Super Awet



Mengapa kita selalu merasa kondisi smartphone kita berbeda dibandingkan saat pertama kali kita beli smartphone ? Ya jawabannya karena kita sering menganggap sepele masalah-masalah kecil pada smartphone seperti jatuh atau terkena air atau tergores barang tajam atau yang lainnya. Padahal justru dari masalah-masalah sepele itu, smartphone kita menjadi cepat rusak. Akhirnya baru 2/3 tahun saja, kita sudah pengen ganti smartphone baru.

Tak hanya itu, kita juga sering menyepelekan masalah yang sebenarnya sangat besar bahkan menyangkut privasi kita hingga privasi kita dicuri dan dimanfaatkan, hanya karena smartphone ! Kok bisa ? Ya singkatnya karena tahun ini, malware pada smartphone semakin merambah luas. Maka dari itu, mulai sekarang kita harus merawat smartphone bukan hanya agar smartphone kita tetap kinclong, tapi juga untuk menjaga data privasi kita sendiri yang kita simpan di dalam smartphone tersebut.


Bayangkan kalau kita hidup dari umur 15 tahun hingga 75 tahun dimana kita mengganti smartphone 3 tahun sekali. Artinya kita mengganti smartphone sebanyak 20 kali. Setiap penggantian menghabiskan biaya 20xRp. 5.000.000 = Rp. 100.000.000.

Apakah biaya tersebut murah ? Tentu tidak ! Iya kalo kamu beli smartphone seharga 5 juta, lah kalo beli harga 5 juta keatas ? Belum lagi kalau kamu masih membeli aksesoris-aksesori smartphone. Belum lagi kalau smartphonemu rusak dikit, kamu pergi ke servis. Tentu biaya akan semakin mahal lagi kan ? Padahal, taukah kamu bahwa 100 juta saja itu sudah bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan sehari-hari selama bertahun-tahun lho !

Nah, maka dari itu, kali ini komputer67 akan memberikan tips untuk kamu agar kamu bisa sungguh-sungguh merawat smartphone sehingga tidak membuang-buang uang yang kamu miliki ! Berikut caranya :

1. Jangan Sampai Smartphone mu Jatuh

Smartphone yang jatuh
Smartphone yang jatuh
gambar diambil dari www.recode.id

Merawat smartphone dengan tidak membiarkan smartphonemu jatuh terus menerus akan membuat smartphone jadi lebih awet. Karena smartphone yang jatuh itu bisa sangat fatal akibatnya. Mulai dari kerusakan kamera, kerusakan komponen pada smartphone, performa smartphone, kerusakan layar sentuh, dan gesekan yang ada di smartphone. Kerusakan-kerusakan tersebut bisa terjadi tergantung pada posisi jatuhnya smartphone dan kecepatan jatuhnya.

Yang jelas smartphone yang jatuh itu sangat berbahaya, jadi jagalah smartphonemu jangan sampai jatuh ! Terus gimana kalo udah terlanjur jatuh ? Mudah saja, Anda harus cek ulang mulai dari kamera, layar, kinerja smartphone, dan gesekan yang ada pada smartphone. Pastikan semua dalam keadaan aman. Matikan smartphone sejenak dan hidupkan lagi.

2. Jangan Pakai Charger Yang Bukan Bawaan Termasuk Cas Mobil ! BAHAYA !

Menggunakan cas yang bukan bawaan
Menggunakan cas yang bukan bawaan
gambar diambil dari inet.detik.com

Walaupun tancapan USB sama, tapi bukan berarti casnya juga sama. Kekuatan ampere setiap charger dan smartphone itu BERBEDA ! Jadi bisa Anda bayangkan, kalo ada smartphone yang hanya memiliki batas maksisum ampere yang kecil, lalu dicas dengan charger yang memiliki kekuatan ampere yang sangat tinggi. Apa yang terjadi ? Inilah yang terjadi !
- Sensitivitas layar menjadi rusak
- Ngecas jadi lama
- Merusak kualitas baterai
- Baterai menjadi semakin boros
- Suhu smartphone meningkat drastis saat dicas

Udah deh, percaya sama saya, ngeri kalo udah rusak begituan cuman gara2 salah charger. Benerinnya juga mahal dan akhirnya smartphonemu menjadi tidak awet lagi. Jadi rawatlah smartphonemu dengan tidak menggunakan charger palsu (bukan bawaan).

3. Jangan Biasakan Ngecas Smartphone Semalaman 

Ngecas smartphone semalaman
Ngecas smartphone semalaman
gambar diambil dari oketekno.com

Ya ini adalah hal yang paling sering dilakukan oleh sebagian besar pengguna smartphone. Padahal hal ini sangat merusak baterai kita. Mungkin saat kita beli smartphone, kita diberi tau kalau smartphone kita sudah memiliki teknologi untuk memutus arus saat baterai sudah penuh.

Tapi percayalah, jangan ambil resiko! Tetaplah charge smartphone dengan benar yaitu tidak ngecas semalaman. Baterai ponsel jaman sekarang seperti Li-Ion dan Li-Po ternyata TIDAK MENGENAL trickle charge. Apa itu trickle charge ? Pada intinya trickle charge adalah metode charge yang akan menghindarkan bateraimu dari overcharge. Trickle charge ini juga tidak merusak baterai sama sekali walaupun sudah tercas penuh. Tapi sayang sekali, karena baterai modern saat ini sudah tidak mengenal trickle charge. 

Jadi jangan biasakan charge smartphonemu semalaman agar baterai smartphone menjadi lebih awet dan tidak gampang rusak.

4. Jangan Membiarkan Suhu Smartphonemu Panas Hingga Berlebihan

Smartphone yang terlalu panas
Smartphone yang terlalu panas
Gambar diambil dari www.jalantikus.com

Suhu smartphone yang panas ternyata sangat berbahaya karena dapat menyebabkan komponen pada smartphone itu sendiri menjadi ikut rusak. Suhu smartphone dikatakan panas apabila sudah mencapai lebih dari 30 derajat celcius. Contoh kerusakan yang paling sering terjadi adalah baterai yang rusak karena suhu smartphone terlalu panas. Biasanya suhu yang panas disebabkan karena ada aplikasi yang berat yang sedang berjalan di smartphone kita. Contoh kita maen game berjam-jam tanpa berhenti.

Jadi, apabila kita sudah merasa suhu smartphone kita panas, segeralah untuk menghentikan semua aplikasi berat yang sedang berjalan. Jangan menganggap sepele hal ini, karena hal sepele inilah yang bisa menyebabkan umur smartphonemu menjadi pendek.

Smartphone yang terkena matahari
Smartphone yang terkena matahari
gambar diambil dari www.inhilklik.com

Selain dari aplikasi, suhu smartphone yang panas juga disebabkan karena smartphone kita terkena sinar matahari. Bahkan secara tidak sadar, jika kita meletakan smartphone yang terkena panas sinar matahari hingga berjam-jam (contoh meletakan smartphone di mobil yang terkena sinar matahari), maka dampaknya akan jauh lebih berbahaya, karena panas yang dihasilkan akan jauh lebih besar dan tentu akan merusak komponen lainnya.

Jadi jagalah smartphonemu dari panas yang berlebihan agar umur smartphonemu lebih awet lagi.

5. Jangan Sampai Smartphone mu Terkena Air

Smartphone kecemplung air
Smartphone kecemplung air
gambar diambil dari www.idntimes.com

Akibat dari smartphone yang terkena air itu juga sama bahayanya dengan smartphone yang jatuh. Air yang masuk kedalam smartphone bisa membasahi komponen-komponen yang sangat kecil dan letaknya sangat dalam. Akibatnya, kemungkinan terjadi konslet sangat besar. Dan pasti akan merusak smartphone Anda. ! Anda belum pernah liat konslet di smartphone ? coba kamu telpon sambil celupkan smartphonemu kedalam air.

Terus gimana kalo smartphone kita bener-bener kecemplung air ?
Nah berikut adalah langkah yang harus dilakukan saat smartphone terkena air adalah :
- Jangan pencet tombol apapun, jangan digoyangkan, dan jangan diberi panas (seperti di hairdryer) !
- Lalu, matikan smartphone dengan mencabut baterai
- Lepas kartu memory dan kartu SIM
- Lap dengan tissue pada bagian yang basah
- Lalu taruh smartphonemu pada lemari selama kira-kira 1- 2 hari agar keadaan benar-benar kering
- Setelah itu baru pasang kembali baterai, kartu memory, dan kartu SIM, lalu hidupkan. 
- Lalu cek kembali kinerja smartphone mu.

6. Ingat! Bersihkan Cache Secara Berkala

Membersihkan Cache Secara Berkala
Membersihkan cache
(gambar diambil dari www.justmyhobby.wordpress.com)

Cache adalah file-file sementara yang disimpan untuk keperluan aplikasi maupun sistem.(untuk lebih jelas tentang cache pada smartphone bisa baca Disini) Cache ini cukup memakan banyak memory. Sering kali kita bingung, mengapa kok memory smartphone saya tiba-tiba penuh ? Nah kemungkinan besar karena kamu belum membersihkan cache yang ada pada smartphonemu ! Terus gimana cara membersihkan cache ? Berikut caranya :
- Buka playstore
- Cari aplikasi bernama 'Cache Cleaner' (yang warnanya ijo, lihat gambar dibawah ini)
Menginstall Cache Cleaner
Menginstall Cache Cleaner

- Lalu install aplikasi tersebut seperti biasa
- Setelah terinstall buka aplikasi tersebut
- Saat membuka aplikasi 'Cache Cleaner', maka otomatis aplikasi tersebut akan mengscan cache yang ada pada smartphone. Tunggu saja hingga selesai.
Membuka aplikasi Cache Cleaner
Membuka aplikasi Cache Cleaner

- Setelah selesai, tekan gambar tong sampah untuk menghapus cache
Mengklik tombol hapus
Mengklik tombol hapus

- Lalu ada 1 fitur yang saya suka dari aplikasi 'Cache Cleaner' yaitu membersihkan cache secara otomatis saat smartphone dihidupkan. Caranya tinggal masuk ke menu -> Setting (lihat pada gambar dibawah ini)
Memilih setting
Memilih setting

- Lalu centang 'Clean on system startup'
Mencentang clean on system startup
Mencentang clean on system startup

- Lalu exit

Itulah langkah-langkah untuk membersihkan cache pada smartphone secara berkala. Dengan pembersihan berkala, maka smartphonemu akan menjadi lebih awet dan memory tidak lagi penuh terus menerus.

7. Virus Di Smartphone Itu NYATA ! Waspadalah !

Trend in Android Malware
Trend in Android Malware
gambar diambil dari av-test.org

Tak main-main, virus di smartphone pada tahun ini diperkirakan akan semakin GANAS dan semakin MERAMBAH. Country Manager Indonesia Symantec Adris Masengi berkata bahwa memang benar, bahwa ancaman di ranah mobile ini terus meningkat dari tahun ke tahun. Bahkan Andris mengatakan bahwa Symantec telah memblokir rata-rata 24 RIBU aplikasi mobile BERBAHAYA setiap hari pada tahun lalu !

Ditambah lagi, ditemukan data bahwa HANYA 20 % pengguna smartphone yang sudah menginstall sistem operasi versi terbaru yang artinya kemungkinan malware menyebar ke sistem yang lama akan sangat besar.

Tidak berhenti disitu, ternyata aplikasi grayware juga meningkat di tahun 2017 dan symantec menemukan bahwa nomor HP dari 63% pengguna aplikasi grayware telah disebarluaskan. !

Antivirus Android
Antivirus Android
gambar diambil dari androidcentral.com

Ngeri kan ? Maka dari itu, sebelum kita semua terlambat terkena virus yang berbahaya tersebut, mari kita install antivirus khusus untuk smartphone ! Terus antivirus apa yang paling bisa dipercaya ?

Menurut admin komputer67, antivirus yang paling baik adalah AVAST. Karena pengalaman saya sendiri menggunakan avast, android saya tetap aman dan tidak terlalu membebani. Jadi apabila kamu ingin mendownload antivirus, langsung aja masuk ke playstore dan download antivirus Avast. Tentu tidak harus Avast, kamu bisa mencoba antivirus ternama lainnya seperti : BitDefender, McAfee, Kapersky, dll

Setelah kamu mendownload dan menginstall antivirus, silahkan scan smartphonemu secara berkala agar tetap terlindungi dari virus. Jadi, jangan tunggu datamu hilang terkena virus, baru ngescan pake antivirus, tapi scan lah secara berkala seminggu sekali untuk memastikan smartphonemu AMAN.

8. Perhatikan Jari Tanganmu Sebelum Menyentuh Smartphone ! Jangan Asal Tangan Basah Lalu Langsung Pegang Layar Smartphone!

Jangan pegang smartphone kalau tanganmu kotor
Jangan pegang smartphone kalau tanganmu kotor
gambar diambil dari 7trending.blogspot.com

Nah, tips yang terakir ini adalah tips yang paling sering dilanggar. Kok  bisa ? Saya yakin nih, kita pasti sering mendapat pesan (entah WA, LINE, SMS, TELP) di smartphone kita pada saat kita sedang MAKAN DENGAN TANGAN.

Dengan tangan yang masih KOTOR, kita dengan santai menyentuh smartphone kita untuk membuka pesan tersebut. Betul ?

Hal tersebut sebenarnya sangat-sangat tidak disarankan ! Karena layar smartphone akan menjadi kotor dan berminyak. Kalau sudah berminyak, ya gak gampang juga membersihkannya. Maka dari itu sebelum menyentuh smartphone, pastikan tanganmu bersih dari minyak, air, atau kotoran lainnya agar smartphonemu tetap terawat dan bersih kinclong.
Terus gimana nih kalo sudah terlanjur kotor ? Ikuti tips nomor 9 !

9. Bersihkan Layar Smartphone Dengan Cara Yang Benar !

Membersihkan layar smartphone
Membersihkan layar smartphone
gambar diambil dari malangtoday.net

Bagi beberapa orang, terkadang mereka tidak bisa merawat layar smartphone karena tidak tahu cara membersihkan layar smartphone dengan benar. Biasanya asal pake kain kasar lalu diusap-usap ke smartphone. Padahal cara tersebut tidak dianjurkan. 

Tidak hanya itu, membersihkan layar smartphonemu dengan PEMBERSIH KACA atau SEJENISNYA juga tidak dianjurkan, karena pembersih kaca itu sangat berbeda dengan pembersih layar smartphone. Kaca dan layar smartphone adalah komponen yang sangat berbeda, jadi jangan disamakan.

Lalu alat apa saja yang bisa digunakan untuk pembersih layar smartphone ? Berikut alat & cara pengunaannya :
- Minyak kayu putih
Testeskan 1 atau 2 tetes minyak kayu putih ke layar smartphone, lalu bersihkan secara perlahan dengan kain yang benar-benar halus(jangan gunakan kain bertekstur kasar seperti tissue toilet).
- Air Bersih & Bening
Sebelum membersihkan layar dengan air, siapkan 2 kain yang bersih dan halus. Lalu basahi kain pertama dengan air, lalu usap ke layar smartphone mu. Lalu gunakan kain yang kedua untuk membersihkan sisa air yang ada di smartphone mu hingga benar-benar kering.
- Cotton Bud
Sama seperti cara sebelumnya, hanya saja cotton bud ini sebagai pengganti kain halus tadi. Jadi Anda bisa teteskan air yang bersih ke cotton bud lalu bersihkan layar dengan cotton bud tadi perlahan hingga benar-benar bersih.
- Solatip / Isolasi
Cara ini cukup mudah. Cukup tempelkan solatip / isolasi ke bagian layar yang terlihat kotor. Lalu tunggu beberapa menit dan cabutlah solatip / isolasi tadi secara PERLAHAN agar layar tidak rusak.

Nah setelah kamu tau cara membersihkan layar smartphone yang benar, silahkan bersihkan layar secara berkala 2 minggu sekali atau sebulan sekali agar layar smartphone tetap bersih dan kinclong serta terawat.


Nah itulah 9 tips untuk merawat smartphone agar tetap terawat dari sisi fisik maupun performa smartphone itu sendiri. Semoga tips ini berguna :)

Sumber Data:
https://telset.id/205126/ancaman-virus-di-smartphone-makin-ganas/

INGIN LIVE CHAT ? INGIN TANYA JAWAB GRATIS ? YUK LANGSUNG SAJA CHAT DENGAN KAMI DI FANSPAGE KOMPUTER67

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Post a Comment