-->
KOMPUTER67
Lebih dari sekedar belajar !

Penjelasan Lengkap Cache Smartphone Dan Cara Penghapusannya



Definisi Cache Memory adalah sebuah penyimpanan sementara yang bertujuan untuk memeprcepat akses aplikasi pada smartphone. Sesuai fungsinya, tentunya cache memory ini mampu mempercepat loading aplikasi. Tapi, walaupun fungsi cache untuk mempercepat loading aplikasi, tetap ada konsekuensinya yaitu memori akan terus bertambah bahkan bisa sampai penuh. Kok bisa ? Berikut adalah cara kerja cache pada smartphone.

Cara Kerja Cache Memory

Berikut adalah contoh cache memory pada android dimana kita sedang membuka facebook melalui browser. Browser tersebut akan memanfaatkan cache yang ada sehingga loading menjadi lebih cepat.

Bisa dilihat pada gambar diatas. Saat pertama kali kita membuka browser dan membuka link www.facebook.com, mungkin terasa sedikit agak lambat. Setelah kita membuka link www.facebook.com lagi, maka kita akan merasa ringan, bahkan tanpa loading. Hal tersebut dikarenakan adanya cache yang tersimpan pada browser.

Jadi saat pertama kali kita membuka website facebook, beberapa komponen halaman facebook tersebut akan disimpan kedalam cache. Sehingga saat kita membuka facebook yang kedua, kita tidak perlu mendownload seluruh komponen halaman facebook, namun kita hanya perlu mendownload beberapa saja dan sisanya diambil dari cache tadi.

Seperti itulah contoh cache memory yang ada pada browser. Nah bagi kamu yang betul-betul ingin mengetahui bagaimana teknis cara kerja cache memory ini, kamu bisa membaca di wikipedia https://en.wikipedia.org/wiki/Cache_replacement_policies
`

Manfaat Cache Memory


Seperti yang sudah saya jelaskan diatas. Fungsi cache memory adalah untuk mempercepat loading. Tapi sebenarnya tidak hanya itu, tapi juga bisa menghemat kuota internet kita. Karena saat kita membuka situs website, kita hanya mendownload sebagian data saja, dan sebagiannya lagi kita mengambil cache yang tersimpan di dalam smartphone kita.

Sehingga tak heran semua browser selalu memiliki cache agar loading cepat dan kuota tidak terlalu boros.

Nah pertanyaannya, mengapa saat kita membuka youtube kok tetep boros kuota ? Emang youtube tidak menyimpan cache ?

Kalau Anda bilang youtube itu boros, Anda salah besar ! Karena youtube semakin kesini semakin memanfaatkan cache dengan baik. Buktinya, kalo Anda sudah menonton video youtube beberapa detik, maka Anda bisa mengulang video pada detik sebelumnya. Bahkan kini youtube secara otomatis dapat menyesuaikan kualitas video dengan kecepatan internet kita.


Terus kenapa kok tetep boros kuota ? Ya namanya video itu umumnya memiliki ukuran 100x lebih banyak dari file gambar. Kalau file gambar biasanya memiliki ukuran 200 - 300 kb. Kalau video biasanya 20 mb an. Apalagi kalau videonya HD bisa ratusan MB. Jadi ukuran video = kuota minimal yang harus kamu keluarkan.

Jadi jangan heran kalo kuotamu langsung merosot setelah lihat video (tidak hanya youtube).

Dampak Buruk Cache Memory

Cache itu memang bertujuan untuk mempercepat. Tapi taukah kamu, cache ini juga memakan cukup banyak memori loh. Coba kamu lihat screenshot berikut :

Terlihat dengan aplikasi 'Cache Cleaner', cache yang ada di smartphone saya adalah 259 MB. Banyak kan ? (untuk penjelasan cara membersihkan cache akan dibahas dibawah). Maka dari itu, cache ini juga memakan memori yang banyak. Kalau memori sudah penuh, tentunya smartphone juga akan melambat. Selain melambat, kita juga akan kesulitan untuk menginstall aplikasi baru, karena memori nya sudah penuh.

Cara Menghapus Cache Memory Smartphone

Untuk menghapus cache pada smartphone, caranya cukup mudah. Berikut langkah-langkahnya :
1. Download aplikasi yang bernama 'Cache Cleaner' di playstore. Berikut linknya : 
https://play.google.com/store/apps/details?id=com.frozendevs.cache.cleaner&hl=in

2. Install aplikasi tersebut dan jalankan aplikasi tersebut
3. Maka aplikasi 'Cache Cleaner' akan secara otomatis mengscan cache yang ada pada smartphonemu. Dan tunggu saja hingga selesai.

4. Setelah selesai, tekan tombol hapus (berbentuk tong sampah) pada kanan atas.


Maka cache yang ada pada smartphonemu akan terhapus semua dan memorimu tidak lagi penuh !

Cara Menjadwalkan Penghapusan Cache Secara Otomatis

Nah, agar tidak kerepotan menghapus cache setiap hari, kita bisa menjadwalkan penghapusan cache ini menggunakan aplikasi tadi. Berikut caranya :
1. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi tadi yaitu 'Cache Cleaner'
2. Lalu Anda buka aplikasinya. Terus langsung saja tekan menu (titik tiga yang berada di pojok kanan atas)
3. Pilih setting

4.  Centang pada pilihan 'Clean on system startup'

5. Lalu exit aplikasi tersebut

Dengan demikian, kamu tidak perlu lagi repot harus membersihkan cache setiap hari, karena sudah terjadwalkan oleh aplikasi 'Cache Cleaner' yaitu setiap sistem dihidupkan.

Semoga artikel diatas bermanfaat.

INGIN LIVE CHAT ? INGIN TANYA JAWAB GRATIS ? YUK LANGSUNG SAJA CHAT DENGAN KAMI DI FANSPAGE KOMPUTER67

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Post a Comment