-->
KOMPUTER67
Lebih dari sekedar belajar !

Apa Itu Clickbait ? Clickbait tidaklah selalu buruk !



Pengertian Clickbait

Clickbait adalah judul berita yang menjebak kita sehingga kita menjadi tertarik ingin melihat isi berita tersebut. Namun biasanya clickbait ini memiliki isi berita yang biasa-biasa saja tidak seheboh apa yang seperti pada judul. Hal semacam ini tentu sangat-sangat mengganggu dan menjengkelkan pembaca. Apalagi website tersebut dipenuhi iklan, sehingga membuat kita benar-benar tidak suka terhadap berita tersebut.

Ciri khas pada berita-berita atau artikel clickbait adalah mengandung kata "ini". Cotohnya :
1. Jadi Tersangka Korupsi Stadion Gede Bage, Ini Komentar Sekretaris Dinas
2. Ini Dia Smartphone dengan Empat Kamera
3. Ini Dia, 3 Kopi Susu Nikmat Favorit Warga Jakarta

Persaingan Saat Ini Kebanyakan Menggunakan Clickbait

Tak dipungkiri, bahwa para penulis artikel maupun berita sekarang banyak sekali yang menggunakan clickbait ini agar banyak pengunjung yang masuk ke beritanya. Padahal sebagian besar clickbait tersebut memiliki konten yang biasa-biasa saja bahkan tidak menarik sama sekali. Hanya judul saja yang menarik.

clickbait ini juga dikenal sebagai PHP atau Pemberi Harapan Palsu karena isi berita yang diberikan sudah basi, tidak aktual, bahkan HOAX.

Bila Anda seorang jurnalis, atau content writer sebaiknya jangan gunakan clickbait ini karena walaupun banyak orang yang mengklik postingan Anda, tapi akan banyak orang juga yang semakin tidak suka terhadap web Anda.

Clickbait Bisa Digunakan Untuk Memberitakan Berita Hoax

Tentu saja clickbait ini juga sering digunakan untuk memberitakan berita hoax yang akan menebar kebencian di masyarakat Indonesia ini. Bayangkan judul sudah menarik, konten juga menarik, tapi HOAX ! Jika Anda jeli tentu Anda bisa membedakan mana yang hoax mana yang tidak. Lalu bagaimana dengan pembaca lain yang tidak jeli alias asal baca dan share ?

Hal ini secara tidak langsung akan merusak bangsa kita. Maka dari itu semakin jahatnya dunia internet ini, Anda wajib belajar untuk membedakan mana berita hoax mana yang tidak. Dan jangan sembarangan share artikel/berita di media sosial. Karena media sosial adalah tempat yang paling mudah untuk menyebarkan berita hoax.

Tapi, Clickbait Ternyata Tidak Selamanya Buruk

Apa maksudnya ? Jadi begini. Kalau misal kita membuat artikel yang bermanfaat tapi memiliki judul yang sama sekali tidak menarik. Apakah itu menguntungkan ? Tentu tidak ! Kita sebagai penulis, maupun orang yang membaca pun saat melihat judul sudah tidak menarik. Padahal itu adalah berita yang sangat penting.

Coba bandingkan judul artikel berikut :
1. Pulau Bali Terkena Bom
2. Bom Bali Kembali Terjadi, Orang Ini Diduga Sebagai Pelaku Teroris !

Mana yang lebih menarik ? Tentu yang kedua kan ? Padahal isi artikel tersebut sangatlah menarik dan patut dibaca agar semua orang tau siapa pelaku teroris sebenarnya.

Nah itulah yang saya maksudkan disini. Jujur saya sebagai admin komputer67 ini pun sering membuat artikel dengan judul yang benar-benar menarik bahkan sampai-sampai saya membuat video singkat untuk menarik perhatian orang agar membuka artikel yang saya buat. Tapi artikel yang saya buat tentu sangat berkualitas dan memiliki manfaat yang tinggi sehingga harapan saya banyak orang yang bertambah ilmunya dengan apa yang saya tulis di blog ini.

Kesimpulan


Jadi, memang saat-saat ini persaingan didunia internet semakin ketat. Oleh sebab itu memang banyak sekali orang yang membuat sebuah artikel dengan memanfaatkan clickbait ini. Namun bagaimana nasib seseorang apabila membuat artikel dengan clickbait namun artikelnya sama sekali tidak berkualitas ? Tentu orang tersebut akan terkena akibatnya sendiri. Yaitu tidak akan banyak orang yang membagikan artikelnya, sehingga seo akan menurun dan rating pada website tersebut pun juga akan terus menurun.

Nah, maka dari itu mari kita utamakan konten yang berkualitas yang bisa berguna bagi sesama kita. Dan juga jangan memberi konten HOAX karena itu sangat menurunkan kualitas website Anda sendiri.

Semoga bermanfaat.. :)

INGIN LIVE CHAT ? INGIN TANYA JAWAB GRATIS ? YUK LANGSUNG SAJA CHAT DENGAN KAMI DI FANSPAGE KOMPUTER67

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Post a Comment