-->
KOMPUTER67
Lebih dari sekedar belajar !

Perbedaan Programmer, Coder, Software Engineer, Dan Developer



Programmer, coder, software engineer, serta developer itu semua berbeda. Namun terkadang kita menganggap itu sama semua yang intinya adalah programmer. hehehe.. Padahal sebenarnya beda.  Lalu apa bedanya ? Yuk kita baca perbedaannya berikut ini.

1. Programmer

Profesi sebagai programmer adalah profesi yang bertugas untuk membuat perangkat lunak dalam berbagai bahasa meprogaman seperti java, python, vb, dan lain-lain.
Programmer dikatakan melampaui coders, mereka yang mampu menulis program dalam berbagai macam sistem.

Programmer yang baik juga mengerti betul algoritma sehingga masalah pun cepat selesai dengan sempurna. programmer ini memang hampir sama dengan developer, bedanya programmer bertugas menerapkan, sedangkan developer bertugas merancang.

2. Coders

Pada umumnya seseorang yang sedang menuli kode itu bisa disebut sebagai coder. Nah coder tentu berbeda dengan programmer. Kalau coder itu biasanya masih pemula dalam algoritma, dan coder hanya terampil dalam satu bahasa pemrograman saja. Biasanya perusahaan memberi tugas seorang coder untuk menulis potongan program yang bisa dilanjutkan dan di delegasi oleh developer dengan mudah.

3. Engineers

Engineers atau software engineers adalah tingkat tertinggi yang melebihi programmer, coders, maupun developer. Karena seorang engineers ini menguasai minimal 3 bahasa pemrograman serta merancang keseluruhan dari aplikasi. Mereka yang membersihkan bagian antarmuka sehingga terlihat bagus, juga mereka akan bekerjasama dengan programmer & developer untuk menyelesaikan projeknya.

Engineers ini juga merancang mulai dari keseluruhan sistem database, sistem aplikasi, interface, dll dalam sebuah projek. Biasanya engineer ini memulai pekerjaannya dahulu baru setelah itu diberikan ke tingkat dibawahnya yaitu programmer, developer, serta coder sehingga pekerjaan bisa terstruktur dengan baik.

4. Developer

Nah, jika tadi kita sudah mengerti bahwa seorang engineer itu tingkatnya lebih tinggi dari seorang developer, maka developer ini memiliki pekerjaan yang tentu lebih ringan. Seorang developer mampu menulis dan membuat software/perangkat lunak komptuer secara lengkap tanpa memikirkan desain antarmuka pada software tersebut. Seorang developer paling tidak ahli dalam satu bahasa pemrograman.

Lalu Ingin jadi apa Anda ? Programmer, Developer, Coder, Atau Engineer ? Yuk kita lihat gaji mereka masing-masing !


1. Gaji programmer

2. Gaji Engineers


3. Gaji developer



Tinggi juga kan..
Nah sekarang apapun itu Anda ingi jadi programmer, coder, software engineering, maupun developer, tentunya Anda harus bisa yang namanya "bahasa pemrograman". Kalau gak bisa gimana mau jadi seperti mereka-mereka yang sudah sukses ?

Apabila kamu ingin belajar pemrograman yang paling mudah, kamu bisa pake bahasa pemrograman ini :
Bahasa Pemrograman Paling Mudah

Nah kali ini komputer67 akan berikan kamu ebook gratis pemrograman web yang saat ini sedang booming dalam dunia pemrograman. Anda bisa pelajari ini sebaik-baiknya karena ini gratis dan mudah di download (link mediafire semua)

Download Ebook PEMROGRAMAN WEB LENGKAP!

Baca ini juga :

RAHASIA MENJADI WEB DEVELOPER YANG SUKSES DAN KAYA !

semoga bermanfaat, jangan lupa share ya.. :D

INGIN LIVE CHAT ? INGIN TANYA JAWAB GRATIS ? YUK LANGSUNG SAJA CHAT DENGAN KAMI DI FANSPAGE KOMPUTER67

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Post a Comment