-->
KOMPUTER67
Lebih dari sekedar belajar !

Cara Menginstal Laravel Dengan Mudah


Cara Menginstal Laravel Dengan Mudah


Anda bingung cara install laravel ? Padahal mudah banget loh,, caranya simple, di sini kami sediakan 3 cara, tinggal milih dan praktekin. kalo saya paling suka cara ke 2. Tapi kembali ke masing2, yang penting keinstall laravelnya.. hahaha

Menggunakan Laravel Installer

Cara yang pertama adalah menggunakan laravel installer. Nah sebelumnya, kita harus punya laravel installer. Caranya cukup mudah yaitu menggunakan composer sebagai berikut : 
Sebelum dapat menggunakan Laravel Installer, pastikan kita sudah mengkonfigurasi path binary-nya pada direktori yang dapat diakses oleh sistem.
Apabila Laravel Installer berhasil diunduh dan diinstal, maka kita dapat membuat project baru dengan perintalaravel pada command line. Sebagai contoh:
Perintah di atas akan membuat direktori baru dengan nama blog, kemudian mengunduh Laravel untuk kemudian memasukkannya ke dalam direktori tersebut.

Directly via Composer

Cara yang kedua adalah menggunakan cara langsung melalui composer. Caranya cukup mudah, tinggal menjalankan perintah berikut : 
Perintah di atas akan mengunduh berkas inti Laravel versi terbaru, framework, dependency package, beserta konfigurasi awal sampai siap digunakan oleh pengembang dan secara otomatis meletakkannya ke dalam direktori blog.
Kita juga bisa menentukan sendiri versi yang akan digunakan dengan memodifikasi perintah di atas, menjadi:

Clone Repository Laravel

Cara ketiga ini membutuhkan tool tambahan berupa Git binary. Binary-nya sendiri dapat diinstall dengan perintah apt install git pada Ubuntu dan turunannya. Atau, pacman -S git pada distro berbasis Arch Linux.
Laravel menggunakan Github.com sebagai penyedia layanan CVS yang digunakan. Adapun, repositorinya sendiri beralamat di https://github.com/laravel/laravel. Kita dapat meng-clone repositorinya langsung ke mesin lokal dengan perintah.
Masuk ke direktori laravel-repo, kemudian instal/perbarui dependency package-nya dengan perintah:
Perlu diperhatikan, jika menggunakan dari repositorinya langsung, kita berada pada versi development (pengembangan) yang mana (atau bisa jadi) tidak semua fitur dapat berjalan sempurna. Menariknya, ada beberapa fitur baru yang dapat kita coba sebelum dirilis secara resmi.

Dari ketiga cara di atas, semuanya membutuhkan koneksi internet untuk mengunduh berkas yang dibutuhkan. Tidak ketinggalan juga, Composer sebagai Dependency Manager for PHP sudah harus terinstal dan dapat digunakan pada komputer kita.
Composer is a tool for dependency management in PHP. It allows you to declare the libraries your project depends on and it will manage (install/update) them for you.
Tidak ada koneksi internet dan Composer? Salin saja berkas Laravel dari komputer teman kamu! 😛

INGIN LIVE CHAT ? INGIN TANYA JAWAB GRATIS ? YUK LANGSUNG SAJA CHAT DENGAN KAMI DI FANSPAGE KOMPUTER67

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Post a Comment