-->
KOMPUTER67
Lebih dari sekedar belajar !

CARA MENDINGINKAN VGA !


VGA adalah suatu perangkat yang sangat penting. Jika tidak ada VGA anda tidak akan bisa bermain game dengan grafik tinggi. Karena VGA itu sangat penting, maka VGA sudah seharusnya dijaga baik2. Karena jika kita mengabaikan kesehatan VGA, kita akan bingung saat VGA kita baru rusak.
Seperti apa contoh kerusakan VGA ? contohnya VGA yang panas. Jika hal tersebut dibiarkan maka kerusakan itu akan merambat ke motherboard dan komponen lainnya. Sehingga tidak hanya VGA yang rusak melainkan bisa2 semua komponen juga bisa rusak hanya karena panas VGA saja.

Contoh yaitu yang saya alami saat ini :( T_T dimana VGA saya sedang rusak karena kipasnya mati! sehingga kalau dibikin maen game yang berat maka VGA akan panas dan saking panasnya akan mengeluarkan bunyi yang sangat keras dari dalam CPU. Ngeri dah pokoknya...

Maka dari itu kita emang harus jaga VGA kita. Biasanya kita juga tidak sadar VGA kita sedang panas atau tidak, berapa suhu nya dan berapa suhu normalnya. Kali ini saya akan berikan tips untuk mengetahui suhu VGA dan kecepatan kipas sehingga bisa dilihat dari komputer kondisi VGAmu.

Pertama, cek dulu apakah VGAmu benar2 panas atau tidak dengan software yang bernama "GPUZ"
mungkin udah ada yang punya dan pernah mengecek, kalau iya lewatin aja.. kalau belum silahkan download dulu DISINI
kedua, install GPUZ lalu buka dengan aplikasinya.
ketiga, lihat hasil berikut
dibawah ini adalah hasil VGA saya yang rusak : 
Bisa dilihat walaupun GPU Temperature termasuk dingin dan tidak panas(80 derajat keatas) tapi fans speed nya 0 RPM meskipun fans speed(%) 65% tapi kalau RPM nya mati ya tetep kipasnya mati.
Dengan kondisi tersebut jika dibuat maen game yang berat seperti dota 2 atau minecraft, maka GPU Temperature akan naik dengan cepat sampai tinggi sekali bahkan sampai 90 keatas. dan jika sudah 90 keatas maka cpu akan mengeluarkan bunyi yang mengerikan yang sangat keras dan harus terpaksa dimatiin dengan cepat ! kalau dibarkan berjam2 bunyi tersebut siap2 rumah lo kebakar.. :v


keempat, jika emang dipastikan bahwa VGAmu dalam kerusakan atau panas, maka solusinya mudah.. tinggal download software yang bernama "MSI Afterburner" dengan cara KLIK DISINI !!!
kelima, install msi afterburner nya lalu buka aplikasinya
keenam, lalu naikin fans speed nya

ketujuh, turunin core2 yang diatasnya, coba2 aja... hehe :D

sekian dari saya..



INGIN LIVE CHAT ? INGIN TANYA JAWAB GRATIS ? YUK LANGSUNG SAJA CHAT DENGAN KAMI DI FANSPAGE KOMPUTER67

    Blogger Comment
    Facebook Comment

1 komentar :