-->
KOMPUTER67
Lebih dari sekedar belajar !

Cara Kerja Central Processing Unit (CPU)


CPU atau yang sering disebut dengan Central Porcessing Unit ini adalah sebuah perangkat keras pada komputer yang digunakan untuk memerintah dan mengolah data dari perangkat lunak. Sering juga disebur processor, atau otaknya komputer. CPU sering diartikan sebagai gambar berikut ini :
Cara Kerja Central Processing Unit (CPU)
Ya kan ? orang bahkan kita deh sering menganggap itu adalah CPU. kita juga sering menyebut itu adalah CPU. padahal itu adalah SALAH BESAR. coba kalian cek di google dan ketik "cpu komputer" isinya ya gambar2 seperti diatas. Itu sebenarnya SALAH BESAR sekali lagi.

Lalu apa sih CPU itu ?


CPU sebenarnya sama dengan PROCESSOR. Tau processor ? Kalau gak tau kebangetan banget. hehe
Tapi gakpapa barang kali ada yang gak tau aku kasi tau.

CPU Atau Processor seperti yang saya katakan diatas, CPU bentuknyah kecil dan persegi, berisi beberapa konektor logam pada bagian bawahnya dan dimasukkan secar alangsung ke soket CPU kita pada motherboard. Biasanya di atas CPU diberi kipas agar tidak panas.

Nah, setelah kita tau CPU atau processor ini, kita lantas bertanya2, lalu apa yang ada di gambar atas tersebut yang biasa kita sebut dengan CPU. Ya itu hanyalah CASING.. hahaha Tapi serius itu bukan cpu tapi hanya casing dari hardware2 kita.

Oke, sekarang setelah kita bisa membedakan 2 benda diatas, mari kita lebih lanjut mempelajari apa sih CPU itu.

CPU terbagi menjadi 3 komponen


1. ALU
2. Register
3. Control Unit

Langsung saja pada intinya,
ALU itu berfungsi untuk melakukan proses perhitungan aritmatika dan logika sesuai dengan program. Maka dari itu kalau kita belajar pemrograman yang ada hanyalah if else, for, plus minus, kali , bagi, itu karena kita menjalankan perintah dari ALU .REGISTER, itu sesuai namanya REGISTER yaitu mendaftarkan atau menyimpan data atau instruksi yang akan diproses. darimana data atu instruksi itu berasal, ya dari RAM. simple kan...
CONTROL UNIT, adalah sebagai pusat dari pengendalian seluruh komputer yaitu mengambil data dan intruksi untuk diproses. Lalu juga berfungsi untuk memilih apakah intruksi ini adalh intruksi untuk logika atau aritmatika, lalu juga menjaga kinerja dari ALU, lalu mengatur input output, dan mengembalikan hasil ke memori utama.

Cara Kerja CPU


Nah ini yang ditunggu2 sebenarnya bagaimana CPU itu bekerja. sebenarnya simple sih..
Begini,
Saat kita menjalankan aplikasi (misal firefox.exe) nah lalu perintah tersbt akan dimasukan ke RAM. Setelah itu si control unit ini memisahkan antara intruksi dan data, yang intruksi ditaruh di program storage sedangkan data ditempatkan di working storage. Setelah itu intruksi dan data tadi akan diambil oleh control unit dan dimasukan ke dalam register. Bila intruksi merupakan logika/aritmatika, maka akan diproses di ALU (seperti tadi yang sudah dijelaskan bahwa ALU berfungsi untuk melakukan proses aritmatika dan logika). Setelah di proses di ALU makan hasilnyah akan ditampung di accumulator. Setelah itu akan dikembalikan berupa output. DONE !

Mudah kan ? itu dia cara kerja dan pengertian dari CPU. Semoga bermanfaat :D


INGIN LIVE CHAT ? INGIN TANYA JAWAB GRATIS ? YUK LANGSUNG SAJA CHAT DENGAN KAMI DI FANSPAGE KOMPUTER67

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Post a Comment