-->
KOMPUTER67
Lebih dari sekedar belajar !

Sejarah, Komponen, Cara Kerja RAM


 

Pengertian RAM

RAM atau Random Acess Memory adalah perangkat keras / hardware komputer yang digunakan untuk menyimpan data. Tapi yang dimaksud menyimpan data itu bukan seperti hardisk, karena RAM bersifat sementara, jadi data yang tersimpan nantinya akan terhapus. RAM juga berbeda dengan ROM. walaupun ROM juga sama-sama menyimpan memori, tapi ROM bersifat permanen. Walaupun listrik mati, data di ROM tetap ada. intinya, RAM hanya bisa menyimpan data / program hanya jika ada listrik yang mengalir.

Sejarah RAM

Mungkin kita sudah tau bagaimana sejarah CPU,processor,dll. Tapi RAM ini sepertinya jarang dicari orang. Oke langsung saja, RAM itu ditemukan oleh seseorang yang bernama Robert Dennard lalu diproduksi secara besar-besaran pada tahun 1968. Dari awal mula dibuat hingga sekarang RAM sudah mengalami banyak perubahan contohnya seperti kapasitas, bentuk RAM, kecepatan. Jelas teknologi RAM sekarang sudah jauh berbeda dengan RAM yang pertama kali dibuat.

RAM Pertama Kali

Saat ditemukan oleh Robert Dennard, RAM ini membutuhkan tegangan 5.0 volt untuk dapat dijalankan di frekuensi 4.77MHz, dengan waktu untuk akses ke memori adalah 200s (10x200 = 2000 detik, sekitar segitu lah). RAM pertama ini juga menggunakan slot 30 pin di motherboardnya. Bayangkan betapa lama dan membosankan melihat RAM yang pertama ini kalau dibandingkan dengan RAM jaman sekarang.. hehe

DRAM

Setelah generasi pertama, ada yang namanya DRAM. DRAM diciptakan oleh IBM di tahun 2970. apa bedanya dengan RAM ? DRAM singkatan dari Dynamic Random Access Memory. Jadi DRAM mempunyai frekuensi kerja yang bervariasi yaitu 4.77MHz hingga 40MHz.

FPM DRAM

RAM jenis ini ditemukan pada tahun 1987. Memori jenis ini bekerja seperti indeks atau daftar isi. Arti page itu sendiri merupakan bagian dari memori yang terdapat pada sebuah row address. Jadi FPM DRAM ini sudah cukup lumayan, karena saat sistem membutuhkan isi alamat memori ya tinggal FPM DRAM ini mengambil isinya lewat indeks tadi. Jadi sudah lumayan cepat. Nah FPM DRAM ini berkerja di frekuensi 16MHz dengan access time sekitar 50ns atau sekitar 500 detik(berarti ya sekitar 10 menit).  Selain itu FPM mampu mengolah data sebesar 188,71 MB / detik. Memori ini juga digunakan dalam sistem 286,386 serta sedikit 486.

EDO DRAM EDO

DRAM atau extended data output dynamic random access memory ini ditemukan di tahun 1995 dan merupakan penyempurnaan dari FPM. EDO ini lebih mempersingkat read cycle-nya jadi dapat semakin cepat lagi 20%nya. EDO punya access time sekitar 70 hingga 50 dan bekerja pada frekuensi 33MHz - 75MHz. Slot yang digunakan di dalam motherboard adalah 72 pin.

SDRAM

SDRAM diciptakan pada thaun 1996 - 1997. SDRAM lebih dikenal dengan PC66 karena berjalan pada frekuensi bus 66MHz. SDRAM sudah mulai berkurang untuk tegangan yang dibutuhkan yaitu 3,3 volt dan access timenya 10ns atau sekitar 100 detik.

DR RAM

DR RAM diciptakan pada tahun 1999 oleh Rambus. DR RAM ini cukup revolusioner karena berbedaanya sangat mencolok dengan RAM sebelumnya. DR RAM ini menggunakan tegangan sebesar 2,5 volt dan bekerja pada sistem bus 800MHz melalui sistem bus yang disebut dengan Direct Rambus Channel, yang dapat mengalirkan data 1,6 GB / detik. Masih dalam tahun yang sama, Rambus juga mengembangkan jenis memori lain yang kemampuannya sama dengan DR RAM. Hanya bedanya tegangan kerja saja. DRDRAM membutuhkan tegangan 2,5 volt sedangkan RDRAM PC800 membutuhkan tegangan 3,3 volt.

DDR SDRAM

Tahun 2000, DDR SDRAM diciptakan oleh Crucial. Hebatnya DDR SDRAM bisa 2x lebih cepat lagi. Teknik yang digunakan gelombang frekuensi. Jika pada RAM sebelumnya hanya bisa menggunakan gelombang positif, maka DDR SDRAM ini bisa menggunakan gelombang positif dan gelombang negatif. Itulah sebabnya dinamakan DDR SDRAM karena kependekan dari Double Data Rate Synchronous Dynamic Random Access Memory. DDR SDRAM bekerja pada sistem bus dengan frekuensi 100-133 MHz dimana akan bekerja lebih efektif lagi pada frekuensi 200 - 266 MHz. DDR SDRAM pertama kali digunakan pada kartu grafis AGP berkecepatan ultra. Sedangkan processornya yaitu AMD ThunderBird. Dan slot yang dipakai di dalam motherboard adalah 184 pin.

DDR3 SDRAM

RAM DDR3 ini memiliki kebutuhan daya yang berkurang sekitar 16% dibandingkan dengan DDR2. Hal tersebut disebabkan karena DDR3 sudah menggunakan teknologi 90 nm sehingga konsusmsi daya yang diperlukan hanya 1.5v, lebih sedikit jika dibandingkan dengan DDR2 1.8v dan DDR 2.5v. Secara teori, kecepatan yang dimiliki oleh RAM ini memang cukup memukau. Ia mampu mentransfer data dengan clock efektif sebesar 800-1600 MHz. DDR3 memiliki clock internal 400-800 MHz, jauh lebih tinggi dibandingkan DDR2 200- 533 dan DDR sebesar 100-300 MHz. Prototipe dari DDR3 yang memiliki 240 pin. Ini sebenarnya sudah diperkenalkan sejak lama pada awal tahun 2005. Namun, produknya sendiri benar-benar muncul pada pertengahan tahun 2007 bersamaan dengan motherboard yang menggunakan chipset Intel P35 Bearlake dan pada motherboard tersebut sudah mendukung slot DDR3. Slot yang digunakan pada motherboard memiliki jumlah pin yang sama dengan slot DDR2 SDRAM, tapi posisi notchnya berbeda sehingga seharusnya tidak bisa memasang modul DDR3 SDRAM pada slot DDR2. Hal ini sengaja dilakukan karena secara elektrikal modul DDR2 dengan DDR2 memiliki tegangan yang berbeda.

SO-DIMM

Small Outline Dual In-Line Memory Module (SO-DIMM) merupakan jenis memory yang digunakan pada perangkat notebook. Bentuk fisiknya kira-kira setengah dari besar DDR biasa sehingga dapat lebih menghemat ruang yang tentunya  sangat berharga pada perangkat mobile seperti notebook. Perkembangan generasi SO-DIMM biasanya sejalan dengan perkembangan RAM untuk komputer desktop. Ketika DDR3 SDRAM diluncurkan dipasaran, DDR3 SO-DIMM juga ikut diluncurkan. Modul tersebut menggunakan slot yang memiliki 204 pin. Lebih sedikit daripada DDR3 SDRAM.


Komponen Pada RAM

1. Type

Jelas semua RAM pasti punya Type. seperti contohnya Visipro DDR 256 PC 266 Artinya menggunakan DDR

2. Capacity

Adalah kapasitas pada RAM tersebut misal Visipro DDR2 512Mb PC4300 artinya memiliki kapasitas sebesar 512 Mb.

3. FSB (singkatan dari Front Side Bus),

FSB adalah besar jalur data antara processor dan RAM. FSB Processor dan RAM harusnya memiliki angka yang sama agar data dapat ditransfer secara optimal.

4. Fungsi

Fungsi adalah seperti Unbuffered,ECC,atau Registered. Unbuffered adalah tipe RAM yang biasa digunakan komputer-komputer umum, ECC dipakai di komputer workstation / Low End Server, dan yang terakhir registered digunakan Meduium to High End Server. Contoh : Visipro DDR2 1GB PC4300 ECC Registered anrtinya meiliki fungsi ECC Registered pada modulnya.

5. Bandwith

Adalah besarnya data yang dapat di transfer dalam 1 detik. Cara menghitung Bandwith adalah dengan mengkalikan FSB x Arsitektur.

6. Jumlah IC

Adalah berapa banyaknya cip(IC) yang dipasang di RAM.

 Cara Kerja RAM


Pada saat kita menyalakan komputer, device yang pertama kali bekerja adalah Processor. Processor berfungsi sebagai pengolah data dan meminta data dari storage, yaitu Hard Disk (HDD). Artinya data tersebut dikirim dari Hard Disk setelah ada permintaan dari Processor.

Tapi prakteknya hal ini sulit dilakukan karena perbedaan teknologi antara Processor & Hard Disk. Processor sendiri adalah komponen digital murni, dan akan memproses data dengan sangat cepat (Bandwidth tertinggi P4 saat ini 6,4 GB/s dengan FSB 800MHz). Sedangkan Hard Disk sebagian besar teknologinya merupakan mekanis yang tentu cukup lambat dibandingkan digital (Bandwidth atau Transfer Rate HDD Serial ATA berkisar 150 MB/s). Secara teoritis kecepatan data Processor berkisar 46x lebih cepat dibanding HDD. Artinya, apabila Processor menunggu pasokan data dari HDD akan terjadi “Bottle-Neck” yang sangat parah.

Untuk mengatasi keadaan itu, diperlukan device Memory Utama (Primary Memory) atau disebut RAM. RAM merupakan singkatan dari Random Access Memory. RAM berfungsi untuk membantu Processor dalam penyediaan data “super cepat” yang dibutuhkan. RAM berfungsi layaknya seperti HDD Digital, karena seluruh komponen RAM sudah menggunakan teknologi digital. Dengan RAM, maka Processor tidak perlu menunggu kiriman data dari HDD. Saat ini RAM DDR2 mempunyai bandwidth 3,2 GB/s (PC400), agar tidak menganggu pasokan maka saat ini Motherboard menggunakan teknologi Dual Channel yang dapat melipatgandakan bandwidth menjadi 2x dengan memperbesar arsitektur menjadi 128-bit. Itu artinya, 2 keping DDR2 dalam mode Dual Channel dapat memasok data dalam jumlah yang pas ke Processor (3,2 GB/s x Dual Channel = 6,4 GB/s).


INGIN LIVE CHAT ? INGIN TANYA JAWAB GRATIS ? YUK LANGSUNG SAJA CHAT DENGAN KAMI DI FANSPAGE KOMPUTER67

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Post a Comment