-->
KOMPUTER67
Lebih dari sekedar belajar !

AWAS, Jangan Perdebatkan 5 Hal Ini Di Media Sosial !



Sekarang sedang maraknya penangkapan beberapa orang yang suka menghina, mengejek, merendahkan seseorang maupun agamanya di media sosial. Sangat banyak sekali hal itu terjadi, sudah bukan saat ini saja, tapi sudah dari dulu-dulu di facebook itu juga sudah selalu terjadi.

Penindakan Tegas

Namun bedanya, baru kali ini ditindak tegas. Saya merasa bangga bahwa ada orang-orang yang benar-benar tegas dalam menindak hal-hal semacam itu. Bahkan menurut saya, sebaiknya lebih ditingkatkan lagi, karena yang suka menghina-hina masalah agama itu tak cuman sedikit, tapi banyak. Kalau gak percaya ya coba aja cari di facebook "debat islam vs kristen" dijamin isinya ejek-ejekan semua.

Tapi walaupun begitu, sebaiknya kita sebagai pengguna media sosial menanggapi hal tersebut dengan tidak emosi dan tidak membalasnya. Biar saja orang lain atau Tuhan yang membalas. Kita cukup tau saja.

Jaga Kata-Kata Kita!

Lebih dari itu kita juga harus menjaga perkataan kita di media sosial. Karena kita ketahui banyak sekali perdebatan di media sosial yang saat sekarang ini cukup hangat dibicarakan. Bahkan ada yang ratusan tahun tetap dibicarakan dan diperdebatkan namun belum menemukan solusi. Anda penasaran ? hehe..  Ini dia 5 hal yang jangan Anda perdebatkan di media sosial.

Hindari Perdebatan 5 Hal Ini Di Media Sosial 

1. BUMI BULAT VS BUMI DATAR

Bumi datar vs bumi bulat ini ternyata sudah menjadi perdebatan selama bertahun-tahun. Namun di akhir-akhir ini memang perdebatan ini semakin lama semakin panas saja. Bisa Anda lihat di google trend
https://trends.google.co.id/trends/explore?q=flat%20earth
Disitu terlihat bahwa popularitas orang yang mencari "flat earth" ternyata semakin lama semakin tinggi saja.

Nah namun bagaimana pun juga kita sudah diajarkan sejak kecil bumi yang berbentuk bola dan bukan datar. Tapi bagaimanapun juga ternyata banyak sekali orang yang membuktikan dengan berbagai eksperimen yang membuktikan bahwa bumi itu terbukti datar dan tidak ditemukan sedikitpun kelengkungan. Lalu bagaimana dengan NASA,dll ?
Nah itulah perdebatan yang cukup hangat akhir-akhir ini dan tentunya banyak sekali orang yang saling menjatuhkan.
Contoh saja, Anda bisa lihat di group "Indonesian flat earth society" di facebook. Anda bisa join kesitu dan lihatlah betapa banyaknya orang saling mengejek dan menjatuhkan ! Bahkan yang lebih parah, saya pernah mendengar sebuah video namun lupa video apa, yang mengatakan bahwa ada 2 orang teman yang berdebat mengenai hal bentuk bumi dan diakhiri dengan pembunuhan.
Maka dari itu buktikanlah sendiri dengan eksperimen Anda bukan dengan debat di media sosial yang menimbulkan keributan!

2. Agama


Nah perdebatan agama inilah yang cukup mengundang banyak sekali pihak tersinggung. Contoh yang sedang hangat-hangatnya adalah penangkapan beberapa bocah yang menghina agama, maupun pemimpin agama. Mereka benar-benar ditindak bahkan didatangi rumahnya oleh beberapa orang dan hampir dipukuli.

Itulah sebabnya jika kita tidak berhati-hati dalam berkata-kata di media sosial. Debat agama ini hingga saat ini tidak selesai-selesai, masih terus aja diperdebatkan. Ada-ada saja orang yang membuat kita panas sehingga terkadang kita pun ikut kesal. Contoh apabila si A yang beragama X mengejek agama Y, maka tanggapan orang-orang tentunya agama X itu buruk. Nah itulah yang sering menimbulkan perpecahan di Indonesia.

Sebaiknya perdebatan-perdebatan ini harus dihindari agar tidak terjadi lagi penghinaan agama melainkan terjadi kerukunan antar umat beragama di Indonesia.

3. Pribumi VS China


Jangan heran apabila tidak sdikit perdebatan pribumi vs china yang berdear di media sosial baik facebook maupun instagram. Apalagi sekarang lagi trend-trendnya ahok. Pasti banyak sekali orang yang cukup memperdebatkan hal ini. Namun tak sedikt pula orang yang justru bisa menyatukan kembali kerukunan antar suku di Indonesia. Maka dari itu sebaiknya kita jangan ikut memanas-manasi antar suku baik pribumi, china, dan banyak lagi. Di Indonesia terdiri dari beragam suku dan budaya. Sehingga jangan ada lagi perdebatan masalah suku, karena itu sama seperti pikiran anak kecil. Kita ini Indonesia, dan jagalah persatuan dan kesatuan bangsa kita :D

4. Politik


Nah jangan ditanya sama topik yang satu ini. Kapan pun pasti ada aja yang ngajak ribut kalau udah tentang politik hehe... Pasti deh, maka dari itu memang sebaiknya lebih dipertegas mengenai orang-orang yang suka mengejek/menghina dalam hal politik ini. Memang kita bebas bersuara, namun juga ada aturannya. Bagi kita yang sering mengkomentari masalah politik, sebaiknya kita jangan sampai memperdebatkan sesuatu sehingga menimbulkan sakit hati orang lain agar demokrasi di Indonesia ini tetap berjalan lancar.


5. BERITA HOAX


Nah ini dia salah satu pemicu yang paling sering menimbulkan keributan di negeri kita adalah BERITA HOAX. Buanyak sekali berita-berita hoax yang terus bermunculan mungkin dalam masalah politik, uang, negara, dll. Maka dari itulah kita harus benar-benar teliti dalam membaca berita. Tentu sebaiknya kita membaca berita di media-media yang sudah terpercaya. Jangan melihat berita di web-web yang tidak terkenal lalu kita share ! Ada kemungkinan berita tersebut hoax. Sehingga kita harus pilah-pilah mana berita yang benar mana yang palsu. Jangan mau dibohongi oleh media-media yang membuat panas negara kita ini.

Semoga bermanfaat :D

INGIN LIVE CHAT ? INGIN TANYA JAWAB GRATIS ? YUK LANGSUNG SAJA CHAT DENGAN KAMI DI FANSPAGE KOMPUTER67

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Post a Comment