-->
KOMPUTER67
Lebih dari sekedar belajar !

Pernah Melihat File pagefile.sys ? File Apa Itu ?



Pengertian

pagefile.sys adalah sebuah file yang dikembangkan oleh microsoft untuk sistem operasi windows yang bertujuan untuk dijadikan memori virtual sistem. Pagefile.sys ini biasanya terletak di C:\pagefile.sys dan memang defaultnya berada disitu. Saat kamu melihat file tersebut artinya kamu menonaktifkan fitur hidden file.

Kita harus tau bahwa komputer kita itu menyimpan program, dan proses-proses lainnya disimpan dalam RAM. Mengapa harus di dalam RAM ? Karena jika kita menyimpan di dalam hardisk, maka itu akana memperlambat proses. Karena RAM lebih cepat daripada hardisk. Nah lalu bagaimana jika RAM kita penuh ? Jika penuh, maka windows akan memindahkan beberapa data yang berasal dari RAM menuju ke hardisk kita.

Nah data-data yang tersimpan dalam hardisk itu akan disimpan dalam satu file yang bernama pagefile.sys. Page File ini tentu sangat penting, karena apabila saat kita membuka program lalu tiba-tiba muncul error bahkan sampai hang, maka data tetap tersimpan di dalam hardisk sehingga aman.

Contohnya seperti ini, coba Anda membuka salah satu program pada windows Anda. Contoh aja buka browser. Lalu minimize browser tersebut dan bukalah program lainnya (contoh microsoft word). Lalu setelah beberapa lama kemudian cobalah membuka lagi browser Anda, maka akan ada proses yang sedikit lebih lama. Hal tersebut terjadi karena windows akan membaca dari page file dulu. Dan Anda bisa lihat lampu hardisk Anda akan berkedip.


Page File Harus Diaktifkan Atau Dinonaktifkan ?


Jawabannya simpel aja, kalo Ram Anda kecil, maka gunakan pagefile, tapi kalo RAM Anda cukup besar, maka tidak harus menggunakan page file ini.

Lalu bagaimana cara mengaktifkannya ?

1. Masuk start
2. Lalu ketik "Advance System"
3. Lalu enter / buka
4. Pilih "Advance", lihat pada "performance" lalu klik setting
5. Lalu pilih tab "Advanced" lalu klik change
6. Lalu hilangkan centang pada "Automatically manage paging file size for all drives"
7. Lalu pilih "Custom size" dan masukan ukurannya sesuai kebutuhan Anda

Semoga bermanfaat :D

INGIN LIVE CHAT ? INGIN TANYA JAWAB GRATIS ? YUK LANGSUNG SAJA CHAT DENGAN KAMI DI FANSPAGE KOMPUTER67

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Post a Comment