-->
KOMPUTER67
Lebih dari sekedar belajar !

Terlalu Lama Ngoding Ternyata Menimbulkan Dampak Buruk !



Apakah Anda adalah seorang programmer ? Apakah Anda sering bekerja hingga larut malam ? Hanya untuk menatap layar komputer dan berpikir keras... ? Baca ini sebelum Anda menyesal !

Ternyata hal tersebut selain memberikan manfaat bagi otak kita agar logika kita semakin terasah setiap harinya, namun juga memiliki dampak buruk lho..

Dampak Buruk Terlalu Lama Ngoding

1. Serangan Jantung

Ternyata apabila kita terlalu lama duduk di depan komputer untuk ngoding, itu bisa menyebabkan kita terkena serangan jantung. Penelitian yang dilakukan di London, Inggris, duduk di depan layar komputer dengan waktu lama ternyata meningkatkan serangan jantung sebesar 67%. Besar ya ? Maka dari itu sebaiknya jagalah waktu kita agar tidak seharian full hanya di depan layar komputer saja. Pengaruh ini disebabkan karena jika kita duduk di depan monitor, maka badan kita kurang tegak yang akan menyebabkan aktivitas jantung akan sangat terganggu dan itulah yang memungkinkan kita terkena serangan jantung.


2. Sakit Kepala

Tentu tak perlu lama-lama aja, kita kadang sudah sakit kepala liat kodingan ? hehe.. Tapi ini benar, tak hanya melihat kodingan, tapi jika kita terlalu lama menatap layar monitor saat ngoding kita akan merasakan sakit kepala. Hal tersebut terjadi karena cahaya flourescent dari layar komputer akan menyebabkan kesehatan kita terganggu. Maka dari itu apabila kita menatap monitor terus menerus, terkadang kita merasa sakit kepala. Jika dibiarkan, maka hal ini sangat tidak baik. Sehingga berilah istirahat cukup 10 menit untuk merilekskan tubuh Anda & mata Anda kembali.


3. Mata Rusak

Jelas, hampir semua programmer juga pake kacamata kan ? Nah hal ini terjadi karena ya memang kita terlalu sering menatap layar monitor, sehingga kita sudah terbiasa untuk melihat dekat setiap hari bahkan saat mata kita capek pun kita tetap paksa untuk melihat monitor. Nah tentunya hal tersebut akan membuat mata kita menjadi lelah. Pada saat kita ingin melihat benda-benda yang jauh maka mata kita tentu tidak akan biasa melihat benda yang jauh, sehingga itulah yang disebut rabun jauh. Maka dari itu istirahatkanlah mata Anda setelah ngoding berjam-jam agar kesehatan mata Anda tetap terjaga.

4. Menurunkan Daya Ingat 

Tentu saat kita membuat program, tak hanya logika, namun ingatan kita juga sangat diuji saat kita harus mengingat-ngingat kodingan-kodingan sebelumnya atau algoritma-algoritma yang kita buat sendiri. Nah, ternyata apabila kita terlalu lama di depan layar komputer itu bisa menyebabkan menurunnya daya ingat kita. Hal ini bukan hoax ! Penelitian menunjukan orang yang bekerja di layar komputer hingga lebih dari 55 jam dalam seminggu dan orang yang bekerja di layar komputer selama 41 jam dalam seminggu, ingatan mereka jauh lebih tajam orang yang bekerja selama 41 jam. Sedangkan orang yang bekerja 55 jam tadi mengalami penurunan daya ingat. Mengerikan bukan ? 

Mungkin dampak-dampak diatas belum kita rasakan. Namun hal tersebut akan kita rasakan setelah beberapa tahun kemudian, atau bahkan saat kita sudah tua kelak. Maka dari itu jagalah kesehatan kita juga. Berilah waktu untuk istirahat dari kodingan kita, agar kita tetap bisa menjaga kesehatan tubuh kita. Jangan sampai kita sakit parah hanya karena terlalu lama menatap layar komputer.

Semoga bermanfaat :D

INGIN LIVE CHAT ? INGIN TANYA JAWAB GRATIS ? YUK LANGSUNG SAJA CHAT DENGAN KAMI DI FANSPAGE KOMPUTER67

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Post a Comment