-->
KOMPUTER67
Lebih dari sekedar belajar !

Pentingkah Membersihkan Komputer Itu ?



Ternyata banyak sekali ancaman-ancaman yang mengintai komputer kita apabila tidak segera kita bersihkan. Salah satu contohnya adalah komputer kita yang berada pada ruangan yang memiliki suhu yang tinggi dan banyak debu. Hal tersebut tentu akan membuat komputer kita juga ikut berdebu dan berakibat datangnya binatang-binatang kecil yang hinggap disitu. Salah satunya adalah semut, kecoa, laba-laba, bahkan jamur. Apabila sudah ada binatang disitu, maka bisa terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan.

Membersihkan Komputer Itu Penting


Maka dari itu membersihkan komputer sangatlah penting bagi kita yang memiliki komputer agar tetap terjaga dari debu maupun binatang tadi. Untuk membersihkan komputer juga tidak terlalu susah. Anda juga tidak perlu membersihkan setiap hari, cukup 2 minggu sekali atau sebulan sekali. Sesuaikan saja dengan kondisi, apabila 1 minggu sudah kotor ya tinggal bersihkan saja.


Cara Membersihkan Komputer


- Pertama putuskan aliran listrik


Lepas semua kabel yang terhubung ke listrik di CPU serta di semua perangkat lain yang terhubung ke CPU seperti speaker, printer, monitor serta yang lain. Pastikan tak ada arus listrik yang masuk ke CPU baik secara langsung atau melalui perangkat lain seperti di atas.

- Kedua lepas perangkat yang terhubung


Lepaskan juga semua kabel yang terhubung ke CPU seperti mouse, keyboard, USB, speaker, LAN sehingga benar-benar tak ada kabel yang terhubung ke CPU.

- Ketiga bersihkan PSU (Power Supply Unit)


Lepas semua kabel PSU yang menuju ke semua perangkat lain dalam komputer seperti mainboard, harddisk, DVD room serta yang lain bisa masih ada. Lalu lepas baut pengikat PSU di casing. Bersihkan kipas PSU memakai kuas kecil yang halus secara pelan-pelan. Lalu tiup debu memakai blower atau alat peniup lain. Bila tak ada, diperbolehkan juga ditiup memakai mulut dengan tetap berhati-hati supaya tak debu tak terhirup. Bila PSU sudah habis masa garansi, tidak perlu ragu untuk membukanya supaya proses pembersihan lebih gampang. Setelah dipastikan sudah bersih, pasang kembali tutup PSU seperti semula.

Salah satu manfaat dari membersihkan kipas PSU (Power Supply Unit) adalah untuk mestabilkan temperatur panas dalam PSU. Kipas yang terlalu kotor karena tertutup debu membikin putaran kipas bergerak lambat sehingga PSU cepat panas.

- Keempat bersihkan perangkat dalam CPU


Lepaskan semua perangkat yang terhubung ke motherboard seperti kabel CD room, harddisk serta RAM dari tempatnya. Bersihkan semua debu serta kotoran lain yang menempel di perangkat tersebut memakai kuas atau lap halus. Khusus untuk RAM, periksa juga konektor yang berwarna kuning keemasan. Bila terlihat kurang mengkilap, bersihkan dengan memakai penghapus pensil sampai mengkilap.

Kadang terjadi kasus komputer menyala, tetapi tidak terlihat tampilan apapun di monitor. Itu adalah salah satu efek dari berkurangnya konektor RAM yang kotor. Perlu dibersihkan dengan cara di atas.

- Kelima bersihkan Motherboard


Setelah perangkat lain dilepas dari CPU serta dibersihkan, bagian CPU yang masih tertinggal serta menempel di casing adalah motherboard. Lepaskan semua baut pengikat memakai obeng dengan hati-hati. Jangan teledor serta lengah supaya obeng tidak sampai merusak motherboard. Angkat dari casing, lalu bersihkan memakai kuas halus secara pelan-pelan serta tetap berhati-hati. Kalau tidak yakin, lebih baik tiup debu serta kotoran lain yang menempel di permukaan motherboard memakai blower dengan sedikit kuat hingga benar benar bersih. Lakukan juga hal ini di sisi belakang motherboard.

- Keenam bersihkan Kipas serta Heatsink Processor


Lepas semua pengikat heatsink dengan motherboard. Angkat pelan-pelan heatsink dari tempatnya. Kalau ditemukan kesulitan karena thermal paste di bagian bawah heatsink menempel erat di processor, putar-puter heatsink secara pelan-pelan hingga terlepas.

Setelah terlepas, bersihkan semua debu serta kotoran lain yang menempel di heatsink serta kipasnya. Bersihkan juga sisa-sisa thermal paste di bagian bawah heatsink. Bila membolehkan, pisahkan kipas dari heatsink supaya lebih gampang membersihkan serta satukan kembali bila sudah benar-benar bersih.

- Ketujuh bersihkan Processor


Angkat processor dari tempatnya, lalu bersihkan semua debu serta kotoran lain yang menempel hingga bersih. Bersihkan juga sisa thermal paste yang menempel di processor. Bila processor sudah bersih jangan lupa untuk membersihkan dudukan processor di motherboard.

- Kedelapan bersihkan casing


Setelah semua perangkat selesai dibersihkan, tinggal satu yang belum yaitu rumah semua perangkat komputer alias casing. Bersihkan seluruh bagian dalam serta luar casing. Pakai kain bersih yang telah dibasahi air. Bila perlu pakai cairan pembersih supaya casing semua kotoran yang sulit bisa hilang serta casing kembali bersih seperti baru. Setelah itu keringkan hingga benar-benar kering. Pastikan tak ada sisa-sisa air serta cairan sebelum casing kembali digunakan.

- Kesembilan merakit kembali


Bila semua perangkat sudah dipastikan bersih, casing juga sudah benar-benar bersih serta kering, tahap selanjutnya adalah merakit kembali semua perangkat yang telah dibongkar dserta dibersihkan.

Dimulai dari yang pertama yaitu memasang processor di tempatnya. Jangan lupa untuk mengoleskan thermal di semua permukaan processor secara tipis serta merata. Lalu pasang heatsink di dudukannya. Jangan lupa juga untuk mengoleskan thermal paste di bagian bawah heatsink. Pastikan semua baut pengikat mengikat dengan benar.

Setelah itu, pasang motherboard serta perangkat lain seperti semula dengan urutan terbalik di saat membongkarnya.

- Kesepuluh lakukan pengetesan


Pastikan semua perangkat telah terpasang serta tersambung secara benar. Bila perlu cek sekali lagi sebelum dilakukan pengetesan.
Dalam keadaan tutup masih casing belum dipasang, nyalakan komputer serta lihat proses yang berjalan. Apakah kipas processor sudah berputar normal, apakah kipas PSU (Power Supply Unit) juga berputar normal. Lihat juga di monitor, apakah sudah keluar tampilan komputer secara normal?
Bila masih ada yang belum normal silahkan periksa kembali, barangkali ada yang belum terpasang secara benar.

Tapi, bila semua sudah normal, berarti semua sudah beres. Tutup casing siap dipasang. Matikan dulu komputer lalu lepas semua kabel yang terhubung ke CPU. Lalu pasang casing serta kencangkan baut.
Sambungkan kembali semua kabel seperti kabel listrik, kabel VGA atau kabel monitor, kabel mouse, kabel keyboard, kabel LAN, kabel speaker serta yang lain kalau memang ada. Komputer siap beroperasi lagi.

Itu dulu tips dari komputer67, semoga bisa dipraktekan. Terimakasih.

INGIN LIVE CHAT ? INGIN TANYA JAWAB GRATIS ? YUK LANGSUNG SAJA CHAT DENGAN KAMI DI FANSPAGE KOMPUTER67

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Post a Comment