-->
KOMPUTER67
Lebih dari sekedar belajar !

Ini Yang Terjadi Apabila Anda Tidak Pernah Mematikan Komputer !



Bagi kamu yang banyak melakukan pekerjaan di komputer, tentu pernah mengalami perasaan "malas untuk mematikan komputer". Entah ada-ada saja alasannya, mungkin karena ada banyak project yang belum di save, atau masih banyak program yang terbuka, atau masih download, atau alasan lainnya.

Padahal, Apa sih susahnya tinggal mencet start - turn off ?


Ya, kalau dipikir-pikir, sebenarnya mengapa ya kita malas mematikan komputer. Padahal mematikan komputer ternyata adalah hal yang sangat mudah. Tinggal tekan start lalu klik turn off kan ? Atau langsung tekan tombol powernya saja. Nah seperti yang sudah saya jelaskan diatas, tentu kamu punya alasan tersendiri mengapa kamu malas untuk mematikan komputer.

Ternyata tidak mematikan komputer itu bahaya !

Nah, bagi kamu yang belum tau, saya kasi tau sekarang, bahwa kalau kamu sering menghidupkan komputer berjam-jam tanpa dimatikan, itu akan merusak komputermu sendiri !! Kasus yang paling sering terjadi adalah kerusakan hardware.

Lalu sebenarnya apa saja sih akibat kalo kita gak matiin komputer ?

1. Siap-siap hardwaremu rusak !


Mengapa hardware ? Ya jelas ! Apabila komputer terus menerus dihidupkan, maka hardware tentunya akan terus bekerja dan bekerja hingga komputermu kamu matikan. Hal ini bisa menyebabkan kehausan, salah satunya pada kipas. Kipas yang selalu hidup terus menerus, memungkinkan kipas tersebut mengalami kehausan. Selain kehausan, juga debu akan lebih mudah masuk kedalam kipas sehingga dapat merusak komponen-komponen lainnya. Hal ini memang terlihat sepele, namun tak sedikit orang yang mengalami kerusakan hardware yang sebenarnya disebabkan karena komputernya jarang dimatikan.

2. Komponen komputer menjadi cepat panas


Nah yang satu ini mungkin saya masih kurang mengetahui dengan pasti apa penyebabnya. Tapi hal ini sudah pasti terjadi apabila kamu tidak memiliki spek komputer yang bagus. Saya sudah membuktikan pada beberapa laptop/komputer saya dengan spek yang pas-pasan, lalu saya hidupkan terus menerus, dan beberapa hari kemudian suhunya benar-benar panas. Nah, kalo kamu juga merasakan hal ini, sebaiknya kamu ganti komptuer/laptop dengan spek yang lebih tinggi agar bisa dihidupkan sepanjang hari.

3. Program-program akan menjadi lambat saat dibuka


Ya, bisa kamu buktikan sendiri apabila komputermu kamu hidupkan berhari-hari, terus kamu coba untuk membuka salah satu program, maka dijamin gak akan secepat saat kamu menghidupkan komputer. Hal ini terjadi karena memory & CPU sudah ditumpuk oleh berbagai data yang terus masuk. Sehingga tak heran apabila, setelah beberapa hari komputermu hidup terus maka program-program yang kamu miliki saat dibuka akan menjadi lag.

Taukah kamu, saat komputermu dihidupkan terus menerus, komputermu akan baik-baik saja JIKA kamu menggunakan OS LINUX ! 

kok bisa ? Apa windows itu bikin panas ? Nah, bagi kamu yang penasaran jawbannya, silahkan baca ini !
Semoga apa yang saya jelaskan bisa bermanfaat untuk kamu.. :D


INGIN LIVE CHAT ? INGIN TANYA JAWAB GRATIS ? YUK LANGSUNG SAJA CHAT DENGAN KAMI DI FANSPAGE KOMPUTER67

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Post a Comment