-->
KOMPUTER67
Lebih dari sekedar belajar !

9 Langkah Mempercepat Kinerja Komputer 10X Lebih Cepat !


9 Langkah Mempercepat Kinerja Komputer 10X Lebih Cepat !
9 Langkah Mempercepat Kinerja Komputer 10X Lebih Cepat !


            Zaman semakin modern, orang dituntut mengerjakan banyak hal dalam satu waktu. Penggunaan komputer seperti menjadi barang yang wajib dimiliki oleh setiap individu. Bagaimana tidak? Tugas kantor, tugas sekolah bahkan hobi dikerjakan menggunakan komputer. Namun apa yang terjadi saat alat yang menentukan performa kita malah lemot? Tentu menjadi hal yang paling menyebalkan bukan? Maka cara paling mudahnya adalah pergi ke warnet untuk menyelesaikan tugas yang menumpuk.
Bagaimana bisa komputer warnet yang digunakan berbagai macam orang bahkan hampir selalu digunakan tidak mengalami kerusakan dan malah kinerjanya lebih baik dibanding komputer atau laptop kita? Yup! Jawabannya karena mereka tahu tentang bagaimana cara merawat komputer mereka. Bagaimanapun bekerja atau mengerjakan tugas di warnet akan menambah pengeluaran kita. Apalagi jika kita sudah memiliki laptop lemot dan kita tidak memperbaikinya. Tentu sayang sekali bukan? Oleh karena itu kali ini akan ada ulasan buat kamu yang menginginkan kinerja komputermu lebih cepat. Disimak yaa...

1.    Hapus file sementara

File sementara/ temporary file/ file sampah akan membuat kinerja komputer kamu menjadi terganggu hingga menjadi lebih lemot. Karena itu kamu harus menghapus file sampah tersebut, baik di recycle bin maupun di sistem.
a.    Menghapus file di recycle bin, dilakukan dengan cara klik kanan ikon Recycle Bin > empty Recycle Bin


b.    Menghapus file temporary
File temporary merupakan file sementara untuk mempercepat aplikasi yang sedang atau telah kamu gunakan sebelumnya. Cara menghapus file temporary dengan membuka desktop pada komputer kamu atau bisa juga kamu gunakan tombol windows+E. Kemudian klik kanan drive C dan pilih properties, kemudian klik disk Clean Up untuk memulai proses kalkulasinya.


Kemudian akan muncul jendela hasil dari kalkulasi hard disk kamu, disitu akan tertera file mana saja yang bisa kamu hapus dan berapa total drive C yang didapatkan setelah kamu melakukan penghapusan file-file sampah tersebut. Beri centang file yang kamu pilih, kemudian klik delete. Setelah penghapusan selesai, maka jendela  akan menutup dengan sendirinya

2.             Minimalkan program yang berjalan di Start up

Program yang berjalan di Start Up akan membuat kinerja komputer kamu menjadi lebih lambat. Maka akan lebih baik untuk menonaktifkan aplikasi yang tidak terlalu penting dan tidak perlu berjalan di Start Up. Caranya mudah saja, kamu hanya perlu mengklik tombol windows+R kemudian ketik msconfig. Selanjutnya pilih fitur Start Up pada jendela yang muncul. Dan yang terakhir uncheck program yang kamu pilih untuk dinonaktifkan di Start Up.

Aplikasi Ccleaner juga bisa kamu gunakan untuk meng uncheck program yang tidak ingin kamu jalankan di Start Up.

3.             Meminimalisir penggunaan efek visual

Penggunaan efek visual, memang akan membuat tampilan komputermu menjadi lebih kece badai. Namun jika tidak dibarengi dengan spesifikasi yang memadai, maka alih-alih komputer kamu menjadi lebih enak dipakai malah semakin lambat. Untuk itu jika komputermu sudah memberikan tanda-tanda melambat dan kamu menggunakan efek visual pada komputer kamu. Maka lebih baik untuk meminimalisirnya. Kamu dapat melakukannya dengan cara masuk ke Control Panel > System and Security > System, kemudian pilih Advanced system settings

Kemudian pada tab Advance, klik Setting pada bagian Performance.


Kemudian pada tab Visual Effect pilih Custom dan uncheck visual effect yang tidak kamu inginkan ada pada komputer kamu.


Pada bagian Visual Effect tersebut ada pilihan Let Windows choose what’s best for my computer yang membuat Windows memilihkan untuk anda Visual Effect apa yang baik dan sesuai untuk komputer kamu.  Adjust for best appearance untuk mendapatkan visual effect yang paling baik, namun dampak buruknya komputer kamu akan semakin lambat saja. pada pilihan ini, maka semua pilihan visual effect akan digunakan seluruhnya (dicentang semua). Kemudian ada Adjust for best performance yang akan membuat komputer kamu dalam performa yang paling baik. Namun akan membuat tampilan desktop kamu menjadi jelek sekali. Namun karena visual effect hanya tampilan luar, maka sepertinya tidak mengapa. hehehe

4.             Meminimalisir penggunaan gadget

Komputer yang lambat juga bisa disebabkan karena penggunaan gadget yang berlebihan. Jika dirasa tidak penting dan hanya digunakan untuk memperindah tampilan saja, lebih baik dihapus saja.


5.             Instal perangkat lunak yang lebih ringan dan efisien

Penggunaan perangkat lunak seringkali menyebabkan komputer kamu menjadi lambat. Apalagi dengan semakin banyaknya bentuk file, membuat user dituntut untuk memiliki berbagai macam aplikasi untuk membuka file yang diinginkan. Karena itu diperlukan aplikasi yang lebih ringan dengan fungsi yang sama. Agar komputer kamu menjadi lebih cepat.
Beberapa aplikasi seperti Adobe Acrobat Reader yang digunakan sebagai PDF reader bisa diganti dengan Foxit Reader. Aplikasi Photoshop CS5 ke atas sebagai pengolah grafis bitmap bisa diganti dengan yang lebih rendah yaitu Photoshop CS3. Aplikasi pengolah grafis vektor CorelDRAW X5 ke atas bisa diganti dengan CorelDRAW X3 atau bisa juga dengan Ink Scape, dan masih banyak aplikasi lain yang bisa digunakan untuk mengganti aplikasi yang kamu perlukan.

6.             Instal driver terbaru

Penggunaan Driver menentukan kinerja komputer/ laptop kamu. Driver ini berfungsi untuk menghubungkan perangkat keras dan sistem oprasi. Oleh karena itu pnggunaan Driver terbaru akan mengoptimalkan kinerja perangkat keras, sehingga komputer kamu juga meningkat kinerjanya.
Pada Windows 10, sistem ukuran installer sistem operasi memiliki kapasitas yang besar, yaitu 4,5 gb sedangkan yang pada generasi awal windows hanya sekitar 600 mb. Ukuran yang besar ini dikarenakan adanya driver (built- in- driver) di dalamnya. Hal ini memungkinkan kamu untuk menghubungkan perangkat keras tambahan, seperti scanner, printer, dan lainnya tanpa perlu menginstalnya pada driver terpisah.
Oleh karena itu lebih baik kamu update windows kamu sehingga kinerja komputer kamu menjadi lebih baik. Kamu bisa juga menggunakan perangkat lunak DriverPack Solution yang berisi kumpulan driver yang secara otomatis mendeteksi perangkat keras komputer kamu dan menawarkan untuk menginstal driver yang paling sesuai dengan komputer milik kamu.

7.             Instal perangkat lunak utility

Perangkat lunak utility merupakan perangkat lunak yang akan memonitor kondisi  perangkat keras, perangkat lunak maupun sistem operasi pada komputer kamu. Jika terdapat masalah, maka perangkat ini akan memberikan peringatan dan saran yang harus dilakukan. Salah satu perangkat lunak utility yang bisa kamu pakai adalah Ccleaner. Perangkat ini gratis dan bisa kamu download sendiri. Selain bisa mendeteksi permasalahan pada komputer kamu, Ccleaner juga bisa membantu kamu untuk menghapus file temporary tanpa harus mengklik ini itu. Cukup satu aplikasi untuk bisa meningkatkan kinerja komputer kamu.

8.             Gunakan memory Cleaner batch file

Memory Cleaner Batch File adalah sebuah perangkat lunak yang bisa kamu buat sendiri untuk mengatasi laptop kamu yang lambat.program ini akan membersihkan memory komputer kamu kapan pun kamu mau. Caranya gampang, kamu hanya perlu membuka aplikasi Notepad, kemudian isikan kode ini %windir%system32rundll32.exe advapi32.dll,ProcessIdleTasks di notepad.

Kemudian simpan notepad dengan nama cleaner.bat dan simpan di bagian desktop

Dannn taraaa... kamu bisa membuat aplikasi cleaner sendiri. Aplikasi ini bisa kamu gunakan sewaktu- waktu saat komputer kamu lemot loh..

9.             Gunakan flash disk untuk menambah RAM

Penggunaan flash disk untuk menambah RAM merupakan cara terakhir pada ulasan ini. Karena flash disk yang telah digunakan untuk memoryboost tidak dapat digunakan untuk penyimpanan lagi. Jadi usahakan kamu memiliki flash disk lebih untuk digunakan sebagai RAM ya...
Caranya sih mudah, ikuti ya.. tancapkan flash disk ke lapto kamu, kemudian masuklah  My Computer dan klik kanan pada flash disk tadi. Kemudian pilih properties, pada tab Ready Boost, pilih Use This Device. Selanjutnya atur berapa memory yang akan kamu alokasikan. Dan klik OK. Selamat, kinerja komputer kamu akan meningkat. Flash disk yang sudah terhubung akan menjadi RAM tambahan untuk laptop kamu. Selamat mencoba ya, jangan lupa untuk menggunakan flash disk yang sudah tidak terpakai lagi.

Semoga ulasan cara meningkatkan kinerja komputer di atas membantu kamu untuk mengatasi kelemotan laptop kamu ya. Semoga berhasil, awali dengan doa akhiri dengan syukur.  

INGIN LIVE CHAT ? INGIN TANYA JAWAB GRATIS ? YUK LANGSUNG SAJA CHAT DENGAN KAMI DI FANSPAGE KOMPUTER67

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Post a Comment