-->
KOMPUTER67
Lebih dari sekedar belajar !

Sistem Doze Pada Android, Apa Itu ??



Sistem doze adalah salah satu sistem pada android yang berguna untuk mencegah aplikasi masuk kedalam mode deep sleep. Apa itu mode deep sleep ? Dan sebenarnya bagaimana cara kerjanya ? Yuk kita baca pelan-pelan.

Cara Android Mengatur Aplikasi Yang Sedang Berjalan

Pernahkah kalian berpikir, mengapa ya WA,LINE,BBM bisa memunculkan notifikasi, padahal android kita dalam keadaan lock dan layar mati ? Nah Apabila Anda masih belum mengerti, ada baiknya Anda mempalajari hal berikut.

Jadi, dalam mengatur jalannya aplikasi pada android, android menggunakan 2 cara. Yang pertama adalah aplikasi yang berjalan pada foreground atau sering disebut 'latar depan'. Yang kedua adalah aplikasi yang yang berjalan pada background atau sering disebut 'latar belakang'.  Untuk dapat mengerti apa itu DOZE, kita harus tau dulu 2 hal ini.

Aplikasi Foreground atau 'latar depan' VS Background atau 'latar belakang'

Contoh, saat kita membuka aplikasi whatsapp, maka whatsapp ini berstatus 'foreground' atau 'latar depan'. Nah, sesudah kita membuka aplikasi whatsapp, lalu kita membuka aplikasi google map, maka status whatsapp akan menjadi 'background' atau 'latar belakang' sedangkan google map akan menjadi 'foreground' atau 'latar depan'. Nah, semoga dengan penjelasan contoh ini, Anda bisa mengerti perbedaan antara aplikasi foreground dan background.

Deep-Sleep Pada Aplikasi Android

Saat ada aplikasi yang masuk ke mode deep-sleep, maka aplikasi ini sama sekali tidak bisa mengambil data dari manapun. Karena aplikasi ini seperti dinonaktifkan. Contoh apabila tiba-tiba whatsapp memasuki mode deep sleep, maka whatsapp tidak bisa lagi memunculkan notifikasi apapun meskipun android Anda hidup !

Untung Ada Fitur Wakelocks Pada Android

Nah untung ada fitur yang bernama wakelocks dimana fitur ini mencegah aplikasi android untuk memasuki mode deep sleep. Sehingga notifikasi akan tetap berjalan.

DOZE PADA ANDROID


Nah, doze merupakan salah satu fitur untuk mengubah suatu aplikasi menjadi mode deep sleep. Tapi tenang saja, doze ini bisa mendeteksi sendiri mana aplikasi yang harus masuk ke deep sleep mana yang harus tetap hidup. Fitur doze pada android ini diperkenalakn sejak Android 6.0 (Marshmallow) dan secara otomatis dihidupkan saat Android anda masuk dalam keadaan lock.

Itulah Sebabnya DOZE Adalah Fitur Yang Penting Dalam Penghematan Baterai Android

Ya, memang doze ini sangat berperan dalam pengehematan baterai Android Anda. Karena doze dapat menajdikan sebuah aplikasi menjadi mode deep sleep. Tapi tentunya, Doze ini juga pintar, dia tidak akan mengotak atik aplikasi yang memilik prioritas tinggi seperti aplikasi2 chattingan.

Itulah penjelasan singkat mengenai DOZE pada Android.. Semoga bermanfaat :D

INGIN LIVE CHAT ? INGIN TANYA JAWAB GRATIS ? YUK LANGSUNG SAJA CHAT DENGAN KAMI DI FANSPAGE KOMPUTER67

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Post a Comment