-->
KOMPUTER67
Lebih dari sekedar belajar !

Apakah Benar Cari Programmer Di Indonesia Itu Sulit ?


Apakah Benar Cari Programmer Di Indonesia Itu Sulit
kualitas programmer yang buruk

Ada sekitar 1000 lulusan TI di Indonesia per tahunnya. Namun apakah benar, perusahaan yang berbau teknologi ternyata masih saja sulit untuk mencari programmer yang handal di Indonesia ? Bahkan sampai merekrut orang luar negeri.

Saya sangat kaget melihat sebuah artikel diinternet yaitu di medium.com, saya membaca ada seorang yang memiliki kenalan berbagai startup di bidang IT. Penulis ini bilang, katanya dia sering dimintai tolong untuk mencarikan programmer yang bagus. Saya yakin dia menulis apa adanya, karena saya telah menelusuri profilnya.

Kok bisa ya ?

Yang mencolok disini, mengapa banyak perusahaan IT membutuhkan programmer yang "bagus" di Indonesia ? Padahal kelulusan tiap tahunnya ada sekitar 1000 mahasiswa TI. Hal ini sangat aneh, namun memang terjadi secara nyata.

Ternyata...

Kenyataannya, lulusan IT yang bisa diterima pekerjaannya, itu bukan karena dia berasal dari universitas A atau B atau C. Tapi sebagian besar, karena skill mereka sudah bisa diandalkan dimana skill tersebut tidak pernah diajarkan diperkuliahan.

Apa sih sebenarnya penyebabnya ? 

Ya tak lain adalah pembelajaran KULIAH yang sebagian besar masih salah. Mahasiswa hanya diajarkan dasar-dasar bukan diajarkan masalah nyata dalam kerja nanti. Itu masih banyak terjadi di berbagai universitas di Indonesia.

Hal ini perlu diperbaiki ! Apabila kita ingin memperbaiki seluruh universitas di Indonesia, ya tidak ada selesainya. Disini saya ingin memberikan solusi kepada para mahasiswa TI agar bisa menjadi programmer yang handal.

Kita tahu bahwa TI itu lebih ke praktek bukan teori !

Apakah Benar Cari Programmer Di Indonesia Itu Sulit
praktek lebih PENTING

Nah hal inilah yang paling penting. Karena tanpa praktek, Anda tidak akan bisa apa-apa. Dalam perkuliahan, mungkin Anda masih sering mendapat banyak sekali teori, namun tanpa praktek sama sekali (mungkin hanya waktu praktikum). Maka dari itu jangan heran apabila skill Anda masih belum terasah secara maksimal.

Cara yang paling tepat untuk mengasah kemampuan programming Anda adalah dengan PRAKTEK SENDIRI. Anda bisa membuat program buatan Anda sendiri walaupun Anda masih kuliah. Tentu hal tersebut tidak ada deadline atau nilai.

Apabila Anda mulai mencoba praktek membuat program sendiri, maka Anda akan merasakan dampaknya saat besok Anda bekerja. Karena dengan Anda mencoba untuk membuat program sendiri, banyak sekali manfaat yang Anda dapat yaitu bisa menghasilkan uang, menambah banyak pengalaman, mengasah skill yang tidak pernah diajarkan di perkuliahan.

Kesimpulan

Saat ini memang masih banyak sekali perusahaan IT yang membutuhkan programmer yang handal. Namun pada kenyataannya, lulusan TI di Indonesia masih banyak yang mengecewakan, sehingga perlu dilakukan pembenahan sejak saat ini. Apabila Anda seorang mahasiswa, Anda bisa mulai mencoba untuk membuat program sendiri mulai dari sekarang, agar Anda bisa mengerti bagaimana problem sesungguhnya di dunia kerja ! Membuat program sendiri itu gratis sama sekali tidak berbayar seperti kuliah. Jadi jangan heran apabila lebih banyak programmer otodidak yang menjadi sukses dibanding programmer lulusan sarjana.

INGIN LIVE CHAT ? INGIN TANYA JAWAB GRATIS ? YUK LANGSUNG SAJA CHAT DENGAN KAMI DI FANSPAGE KOMPUTER67

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Post a Comment