-->
KOMPUTER67
Lebih dari sekedar belajar !

Pengertian Short Message Service (SMS)


Short Message Service (SMS)
Short Message Service (SMS)

Hai semuanya, kali ini admin akan membahas apa sih yang dimaksud dengan SMS itu yang sebenarnya. Dan disini mungkin sudah pada tahu semua ya penegertian dari SMS itu apa?. Mungkin disini yang kita tahu, dimana pengertian dari kata Sms itu adalah mengirim pesan ataupun menerima dengan memnggunakan Pulsa. Heheheh. 
Nah sebenarnya pemikiran atau jawaban yang di atas itu sebenarnya sudah benar ya . Akan tetapi biar lebih jelas dan lebih detail. Dan disini admin akan menjelaskan apa sih yang dimaksud dengan SMS itu ?

Pengertian SMS

SMS itu adalah singkatan dari Short Message Service merupakan teknologi yang memungkinkan untuk melakukan pengiriman pesan dan menerima pesan sesama pengguna mobile phone berupa pesan text dengan kapasitas 160 text, dan kapasitas yang digunakan ini tergantung dari jenis alphabet yang digunakan lho. Dan SMS ini pertama kali hadir di Eropa pada tahun 1992. 

Dan disini pasti ada yang penasaran kan, bagaimana sih proses dari pengiriman SMS itu berlangsung? Dan di Indonesia itu sendiri ada 2 jenis jaringan yang digunakan yaitu GSM dan CDMA. Dan teknologi dari jaringan tersebut mengalami perkembagan yang sangat signifikan dengan berbagai kelebihanya. Dan pembahasan tersebut akan dijelaskan dengan gambaran proses dari jaringan SMS itu sendiri seperti pada gambar dibawah ini.
Cara Kerja Short Message Service (SMS)
Cara Kerja Short Message Service (SMS)

Dalam jaringan GSM umumnya ada beberapa perangkat pokok antara lain adalah  BTS, BSC, MSC/VLR, HLR dan SMSC. Berikut ini adalah penjelasan masing-masing perangkat.

1. Short Message Entity (SME)

Merupakan tempat penyimpanan dan pengiriman pesan yang akan dikirmkan ke SMS yang akan dituju.

2. Short message service- Gateway Msc (SMS-GSMC)

Dimana GSMC ini bertugas untuk melakukan penerimaan Message dari SMSC dan bertugas untuk memeriksa parameter yang ada. 

3. Home Location Register (HLR)

HLR adalah perangkat yang berisi data detail untuk tiap subscriber. Sebuah HLR umumnya mampu berisi ribuan sampai jutaan data pelanggan. Informasi yang ada di HLR antara lain Mobile Station ISDN Number (MSISDN), International Mobile Subscriber Identity (IMSI), profile service subscriber,dll. Untuk komunikasi dengan elemen jaringan lain, HLR menggunakan protokol MAP (Mobile Application Part).

4. Mobile Switching Center (MSC)

MSC berfungsi melakukan fungsi switching dan bertanggung jawab untuk melakukan pengaturan panggilan, call setup, release, dan routing. MSC juga melakukan fungsi billing agar terhubung dengan jaringan lain.

5. Visitor Location Register (VLR)

Adalah sebuah database sementara yang berhubungan dengan  informasi pelanggan. 

6. Base Station Subsystem (BSS), 

Berfungsi sebagai pengatur hubungan radio antara MSC dan mobile stations.
Dan kemudian ada 2 macam layanan dasar SMS
1. Mobile terminated (from a SMS–C to a mobile station (MS)) SMS.
2. Mobile originated (from a mobile station to a SMS–C) SMS.


Sekian dulu artikel tentang bagaimana sih Alur kerja dari proses SMS ini, semoga bisa bermanfaat. 

INGIN LIVE CHAT ? INGIN TANYA JAWAB GRATIS ? YUK LANGSUNG SAJA CHAT DENGAN KAMI DI FANSPAGE KOMPUTER67

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Post a Comment