-->
KOMPUTER67
Lebih dari sekedar belajar !

Cara Kerja Short Message Service (SMS)


Cara Kerja Short Message Service (SMS)
Cara Kerja Short Message Service (SMS)

Hallo semuanya..!!
Kali ini mimin akan membahas bagaimana sih mekanisme dari system kerja SMS. Nah seperti yang sudah mimin pernah bahas di artikel sebelumnya, tentang Short Message Service tau yang biasa kita kenal dengan kata SMS itu merupakan layanan dasar telekomunikasi seluler, yang tersedia baik di jaringan GSM maupun CDMA.

Sebagai layanan dasar, service sms dapat digunakan pada semua jenis handphone (HP) ataupun perangkat yang menggunakan teknologi ini didalamnya. Hampir semua SIM card selalu bisa digunakan untuk SMS setelah diaktifkan dari operator. Sedangkan Mekanisme SMS dikirim ke suatu nomer tertentu, dan SMS yang dikirim tidak akan langsung dikirimkan ke nomer  tersebut, akan tetapi  akan masuk terlebih dahulu ke SMS CENTER (SMSC) Operator telepon yang anda gunakan.

SMS CENTER ini dapat di artikan sendiri sebagai sebuah server yang bertanggung  jawab pada proses pengiriman SMS dalam sebuah operator. Dan disini mimin akan menjelaskan tambahan SMS Gateway itu seperti apa sih.

PENGERTIAN SMS GATEWAY

SMS Gateway merupakan sebuah program aplikasi yang menghubungkan antara semua SMS yang diterima maupun dikirim ke sebuah PC dengan menggunakan jaringan GSM. Dan bagian ini berfungsi membaca SMS dari MS dan mengembalikan SMS balasan.

Dalam operator GSM setiap SMSC akan selalu berbeda dengan yang lainnya. SMS Gateway adalah penghubung antara handphone yang menggunakan fasilitas SMS dengan komputer. SMS Gateway bekerja dengan cara menghubungkan handphone yang memiliki fasilitas SMS dan komputer selaku operator otomatisnya.
Jadi berdasarkan hasil kesimpulan di atas  Secara garis besar mekanisme kerja SMS dapat menjadi 3 jenis, yaitu:

1. Pengiriman SMS melalui Satu Operator. (Intra-Operator SMS)

Gambar mekanisme pengiriman SMS ini dapat Anda lihat pada gambar dibawah ini.

Cara Kerja Short Message Service (SMS)
Cara Kerja Short Message Service (SMS)

Dari gambar diatas,SMS yang dikirimkan oleh nomor pengirim akan dimasukkan   terlebih dahulu kedalam SMSC operator nomor pengiriman,kemudian SMSC tersebut akan mengirimkan ke nomor yang dituju secara langsung,Nomor penerima kemudian akan mengirinkan sebuah Delivery report yang menyatakan bahwa SMS telah diterima Ke SMSC.SMSC kemudian meneruskan report tersebut ke nomor pengirim SMS,disertai status Report dari proses pengiriman dari SMS tersebut.

2. Pengiriman SMS antar Operator yang berbeda 

Pada mekanisme ini, SMS yang dikirimkan akan melalui dua buah SMSC. Perhatikan gambar dibawah ini.

Cara Kerja Short Message Service (SMS)
Cara Kerja Short Message Service (SMS)


Pada gambar diatas, SMS yang dikirimkan akan diteruskan oleh SMSC operator pengirim,ke SMSC operator penerima SMS,kemudian baru diteruskan ke nomor tujuan.Delivery report yang dihasilkan pun akan melalui jalur tersebut,agar dapat sampai ke nomor pengirim SMS.

3. Pengiriman SMS dari Operator Suatu Negara ke Negara lain.

Proses pengiriman SMS pada mekanisme ini sering disebut  dengan istilah SMS Internasional.mekanisme yang terjadi tidak jauh berbeda denga mekanisme pada inter operator SMS.Perbedaannya hanya ada pada SMSC  nomor penerima,yang tentu saja adalah SMSC operator luar negeri,dan penambahan kode negara pada nomor tentunya.


Dan semoga artikel ini bermanfaat.
Terima kasih.





INGIN LIVE CHAT ? INGIN TANYA JAWAB GRATIS ? YUK LANGSUNG SAJA CHAT DENGAN KAMI DI FANSPAGE KOMPUTER67

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Post a Comment