-->
KOMPUTER67
Lebih dari sekedar belajar !

Saatnya Ubah Mentalmu Sebagai Programmer !


Saatnya Ubah Mentalmu Sebagai Programmer !
Programmer yang sukses

Saya memang cukup miris sih melihat kenyataan bahwa orang TI di Indonesia ini ternyata masih sangat minim. Mereka hanya bangga dengan gelar yang didapat. Padahal Anda perlu tahu bahwa apa yang kita pelajari di perkuliahan itu sangat berbeda dengan kerja nyata. Oleh karena itu, mental kita perlu dirubah untuk menjadi mental seorang programmer sesungguhnya.

Menurut komputer67, mental programmer saat ini memang masih sangat minim alias bisa dibilang penakut. Mengapa ? Karena masih banyak programmer yang belum bisa menyelesaikan masalah-masalah sepele. Hal tersebut bisa Anda lihat di berbagai forum programmer Indonesia. Cuma masalah kecil aja ditanyain, ya kapan suksesnya ?

Maka dari itu, diperlukan perubahan mental programmer. Apa saja yang harus dirubah ? Yuk ikuti tips berikut !

1. Cobalah Untuk Terbuka Pada Bidang Selain TI

Yang perlu Anda tahu adalah semua bidang itu membutuhkan teknologi informatika. Contoh, dokter. Dokter memerlukan sistem informasi untuk memanage pasiennya. Itu baru dokter yang biasa, belum lagi kalo dokter yang sudah expert yang melakukan berbagai penelitian. Pastilah TI sangat dibutuhkan.

Namun, kebanyakan programmer saat ini masih kurang dalam hal ini. Ya akhirnya, mereka cuman bisa buat hal2 yang sederhana padahal hal tersebut sudah banyak tersedia di internet. Maka dari itu kita harus terbuka pada bidang apapun, lalu pahamilah proses bisnisnya, dan saatnya programmer beraksi untuk membuat programnya !

2. Punya Mental Yang Tak Pernah Kalah

Disinilah kelemahan programmer saat ini. Karena semkain lama, banyak teknologi-teknologi yang berkembang, maka banyak dari kita hanya bisa mengikuti teknologi itu saja. Apabila tiba-tiba ada error, maka kita hanya mengandalkan forum untuk bertanya. Padahal error tersebut sangat-sangat simple, tapi karena malas mengotak atik jadi susah deh.

Namanya kalo ada masalah ya cobalah untuk memperbaikinya hingga masalah tersebut selesai. Jangan hanya mengandalkan tanya2 ke orang-orang terus. Karena itu tidak membangun mental Anda sebagai programmer !

3. Cintailah Error, Bug, dan Masalah !

Ya, hal ini adalah hal yang mungkin tidak masuk akal. Orang pada umumnya akan menghindari masalah, namun itu adalah mindset yang salah.

Seorang programmer wajib mencintai error, bug, masalah, dll karena dari situlah seorang programmer bisa berkembang ! Tanpa masalah, seorang programmer manapun juga sudah dipastikan tidak bisa apa2 !

Mungkin, apabila Anda seorang programmer pemula, hal ini sangatlah sulit dilakukan. Kita cenderung panik saat ada error. Namun Anda harus membiasakan hal tersebut, agar tetap terlatih untuk menangani error-error apapun juga. Karena hanya itulah yang membuat Anda menjadi sukses dan handal !

4. Perbanyak PRAKTEK Bukan BELAJAR

Yup, belajar itu penting ! Namun praktek jauh lebih penting ! Percayalah, masih banyak programmer yang masih terus belajar berbagai macam bahasa pemrograman. Namun sekarang saya tanya, "apa gunanya belajar semua bahasa pemrograman ? Biar kelihatan hebat ? "
Itu sama saja ada seorang yang ingin menjadi polisi sekaligus pilot sekaligus dokter sekaligus jualan toko. Tau kan yang saya maksud. Jadi memang tidak mungkin ada orang yang memiliki buanyak profesi sekaligus.
Sama seperti dalam dunia programming, apabila Anda hanya menghabiskan waktu untuk terus belajar semua bahasa pemrograman, dijamin Anda akan sulit berkembang !

Karena dalam dunia programming, yang membuat Anda berkembang menjadi programmer yang lebih handal bukanlah saat Anda mempelajari bahasa pemrograman, namun saat Anda praktek menyelesaikan masalah REAL !


Itulah sekian artikel dair saya, semoga bisa menginspirasi banyak programmer di Indonesia. Maaf apabila ada kata yang salah..

Semoga bermanfaat :D

INGIN LIVE CHAT ? INGIN TANYA JAWAB GRATIS ? YUK LANGSUNG SAJA CHAT DENGAN KAMI DI FANSPAGE KOMPUTER67

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Post a Comment